#7 | Complex/Manipulated Covers and Simple Covers

5K 332 48
                                    

Mumpung, hari ini masih ga sekolah, dan lagi jadi anak bandel karena sakit sakit malah main hape, aku mau ngasih chap baru nih! buat kalian!

Banyak orang yang kadang masih sulit untuk membedakan antara manipulated covers dengan yang simple. Padahal, kalau dilihat dari segi hasil hingga teknik, it's totally different! Ada yang masih belum tahu apa bedanya? Lihat aja, yuk, di bawah ini!

Complex or Manipulated Covers

Banyak orang yang bilang complex, dan ada juga yang bilang manip covers. Complex atau manip covers ini merupakan jenis covers yang cukup sulit dibuat oleh para desain grafis. Banyak yang mengeluh karena sulit untuk memanipulasi suatu gambar, hingga mengeluh karena kurang memiliki ide alias nge-stuck.

Jenis cover ini sering dipakai di beberapa genre. Dimulai dari yang paling mudah yaitu di genre seperti Teenfic, Fanfic dan apapun yang temanya happy or light. Dan yang tingkatannya paling sulit adalah dark covers such as, Fantasy/Dystopia, Vampire, Werewolf, Sci-fi, Action, Adventure, Horror, Mystery/Thriller dan masih banyak lagi!

Complex covers yang tipe dark memiliki ciri yang khas tersendiri. Yakni, dilihat dari hasilnya yang gambarnya itu memiliki kesan elegan, lebih menonjolkan isi cerita, dan terlihat sangat rumit tapi sangat enak untuk dipandang. Ya, begitulah maksudnya~

Dan untuk yang tipe happy and light memiliki hasil gambar atau cover yang sangat meriah, cerah, dan memiliki kesan ramai dengan beberapa komponen yang ada. Ya, tahulah~ Kalian bisa lihat, kan, perbedaannya pada cover buku yang ada di wattpad?

Diantara dua jenis manipulated cover di atas, aku sejujurnya lebih suka bikin dark cover. Karena sesungguhnya aku udah bener-bener bosen pake banget (aku tahu, kok, ini bukan kalimat efektif) buat bikin happy cover terutama buat 1D fanfic atau boybands fanfic lainnya. No offense, but seriously, aku ngerasa bosen aja. Well, gara-gara bikin dark cover di watty indo ga laku karena jarang ada yang bikin cerita dark, hiks T,T, jadinya, aku memutuskan bahwa aku masih bikin happy/light cover. Sejujurnya, bagi aku, bikin dark covers itu paling asyik. Kenapa? Gatau kenapa, tapi menurut aku, ide atau imajinasi bikin cover, lebih banyak yang keluar. Jadinya, lebih menikmati dan ekspresif aja haha.

Intinya, manipulated covers ga sulit kalau kalian sering bereksperimen!

Simple Covers

Ini dia! Kalau aku disuruh milih, antara manip covers atau simple, aku pasti jawab simple! Kenapa? Karena entah kenapa, aku lebih menghayati aja kalo bikin cover tipe ini. Well, menghayati kalau aku tahu sinopsis atau ceritanya. Simple covers sendiri, merupakan jenis cover yang paling mudah dibikin. Cuma memainkan font dengan gambar yang simple. Kadang ada yang nambahin Psd juga di cover ini. Dan kadang, ada juga yang menggunakan teknik manipulasi, tapi ga banyak dan ga serumit complex covers. Nah, menurut aku, kalau kalian punya cerita yang sad romance, chessy, tragedy mending gausah, deh, pake yang manip-complex gitu. Karena, menurut aku, covernya, tuh, jadi melenceng dari sinopsisnya atau bahkan isi ceritanya. Tapi, yah yang namanya selera, sih, gabisa dipaksa. Aku cuma nyaranin aja, karena semuanya kembali sama diri masing-masing aja, sih. 

Oke, mungkin segini aja yang bisa aku kasih tahu sekarang. 3 chapter selanjutnya bakal aku jelasin tentang plagiarisme dan inspirasi, psd coloring, dan bakal aku adain challenge buat kalian para pemula di desain grafis!

Ingat, vote chapter ini kalo kalian ngerasa suka sama guidebook ini dan tips-tips ini bermanfaat bagi kalian, dan comment kalo ada yang mau ditanyain! But, berhubung aku masih on lewat hape, aku gabisa bales komen kalian satu satu. Sorry :c

*Untuk lihat perbedaan complex dengan simple covers, silakan cek di mulmed. btw, maaf yaap kalo ada typo. nulis di hape soalnya xc

Keep masterpieces standingt high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryDove le storie prendono vita. Scoprilo ora