Tujuan Pernikahan #1

119 7 0
                                    

Pernikahan adalah salah satu dari sekian banyaknya aturan Islam yang bertujuan mengatur dan memperbaiki masyarakat. Oleh karena itu pernikahan disebutkan oleh Allah subhanahu wata'ala sebagai tanda-tanda kekuaasaan Nya.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir"

(QS. Ar Rum: 21)

Ayat ini menerangkan bagaimana sebuah pernikahan menjadi tanda yang sangat jelas atas kekuasaan Allah ta'ala. Berkata Syeikh Abdurrahman as Sa'di rahimahullah dalam tafsirnya: "Diantara tanda kekuasaan Allah yang menunjukkan kasih sayang dan perhatianNya kepada hambaNya serta hikmahNya yang agung dan ilmuNya yang mencakup segala sesuatu Allah menjadikan istri-istri dari diri kalian sendiri dimana mereka layak dan sejenis untuk kalian dan sebaliknya, supaya kalian cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian rasa kasih dan sayang dengan apa yang didapatkan dari pernikahan berupa sebab-sebab yang sangat jelas untuk mencapai cinta dan kasih sayang.

Dengan pernikahan terwujud kenikmatan, keledzatan, dan manfaat dengan adanya anak kemudian mendidik merteka, tinggal bersama mereka. Kamu tidak akan mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang pada mayoritas hubungan seseorang dengan orang lain seperti halnya hubungan suami dan istri"

(Tafsir al Karim ar Rahman karya Syeikh as Sa'di)

Dari gambaran diatas maka seorang yang ingin menikah atau telah menikah memahami apa tujuan sebuah pernikahan. Diantara tujuannya adalah apa yang akan disebutkan pada pertemuan selanjutnya

CERITA ISLAMTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang