LNN Part 2 : PNS dan Asuransi

13 0 0
                                    

Gue belum lama jadi PNS di LNN, entah apa yang dipikirkan orang-orang diluaran sana, sampek menggebu-gebu dan berbondong-bondong untuk jadi PNS/ASN. Bahkan konon dulu sekali, ada yang rela "bakar duit" ratusan juta demi sebuah NIP/NRP

Menurut gue, NIP/NRP cuma bisa untuk ngamanin pensiun doang. Sisanya elo harus nuker waktu & usia produktif yang elo miliki buat jadi pelayan masyarakat.

Dulu gue punya temen,...

Temen gue si Slamet, dia anaknya pinter. Dari jaman SD sampek SMA, selalu masuk ranking 3 besar. Ya... Walupun, pas SD yang jadi kepala sekolah bapaknya, pas SMP yang jadi kepala sekolah ibuknya dan pas SMA Bapaknya yang dulu guru SD udah jadi kepala Dinas Pendidikan, kemudian mindahin ibuknya slamet jadi kepala Sekolah di SMA tempat slamet sekolah. . . .

Lulus SMA, Slamet ketrima kuliah di kampus negeri, ngambil jurusan Manajemen Pemasaran. Slamet paham betul, sebuah objek akan punya daya tarik lebih dimasyarakat kalau objek tersebut mampu memenuhi kebutuhan / mempermudah kehidupan masyarakat.

"...angkasa, lo tauk gak? Gue masang 7 asuransi...". Cerita Slamet ke gue pas kita sama-sama masih semester 3.

"...hah asuransi apaan?, Tapi kok banyak banget yang bayar elo semua?...". Tanya gue heran.

"...lo tau kan, niken pacar gue. Dia cewek paling cantik dan salah satu yang terpintar di jurusan, bahkan di fakultas kita...".

"...iya terus?...". Gue masih nggak ngerti maksud omongan slamet.

"...pas gue nembak dia, gue bilang. Kalo gue punya 7 asuransi. Gue bilang, Niken jangankan esok hari, hari tua kita aja udah gue pikirin dari sekarang...".

"...trus dia mau". Gue menatap Slamet dengan rasa penasaran.

"...kagak lah, dia mau karena gue ganteng dan kuliah bawa mobil...". Slamet ngomong sambil berpose sok ganteng dan ngelirik ke kunci mobil di kantong baju dia.

Muka gue jadi kecut denger omongan Slamet, kemudian Slamet melanjutkan ceritanya.

"...jadi pas sebelum gue nembak niken, 3 bulan gue merhatiin dia. Dia sengaja kos deket kampus dan milih ke kampus jalan kaki, gue cari tau gimana keluarganya dia. Ternyata dirumah punya mobil dan motor juga banyak...".

"...trus kenapa dia gak naik mobil atau motor aja...". Timpal gue ke Slamet.

"...itu dia kuncinya, ternyata si Niken orangnya gak mau ribet nyari parkiran. Tau sendiri Fakultas kita gedung parkirnya jauh banget. Belum lagi sering penuh, jadi harus puter balik dan pura-pura beli makan di KFC 24 jam yang deket kampus itu, biar bisa parkir disitu...".

"...oh ya, kok gue gak kepikiran parkir di KFC ya? Gue si kemarin parkir di Parkiran Dekan. Soalnya Sekuriti kita kan gatau kalo dekan kita lagi Haji. Jadi pasti dia ngira itu motor gue punya nya pak dekan...".

Slamet pun melonggo denger cerita gue, "...kok bisa gitu ya? Masak sekuriti kita gak sadar. Mana ada dekan bawa motor ?..."

Gue pun juga terheran-heran, kenapa sekuriti itu udah seminggu dan gak sadar kalo motor gue bukan motor dekan. Gue pun lanjut mendengarkan cerita Slamet,

"...jadi Ang, gue nembak Niken bukan tanpa modal. Gue udah siap nganter dia pulang pergi dari kosan ke kampus. Gue coba masuk ke rutinitas dia, bukan dia yang masuk ke rutinitas gue...". Ungkap Slamet dengan muka serius.

"...nah lambat laun, Niken pun jadi kenal siapa gue, paham gimana gue, dan Secara gak langsung gue jadi sesuatu yang biasa ada di hidup dia. Misal gue gak ada pasti dia ngerasa ada yang kurang...". Tutup Slamet.

"...jadi lu bilang ke bapak lu, kalo pengen dibeliin mobil biar punya pacar cantik?...". Tanya gue penasaran.

"...kagak lah, gue pura-pura diare. Trus minta dibeliin mobil...". Jawab Slamet.

"...hah? Apa hubungan-nya goblok...". Gue kesel dengernya.

"...gue bilang, karena naik motor, gue sering kenak debu jadi diare...".

"...bisa juga si, Ehh met tapi emang debu bikin diare?...". Otak Standar gue pun berpikir keras.

Slamet pun terdiam, selang beberapa detik dia menghela napas dan bilang, "...iya juga ya Ang, tapi bokap nyokap gue percaya kok. Kalo debu bikin diare...".

Kami berdua pun terdiam, hati kecil kami masih bertanya-tanya apakah debu bisa membuat diare atau tidak. Bahkan gue sempet berfikir pindah kuliah ke Fakultas Kedokteran, untuk meneliti hubungan debu dan diare. Akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi obrolan kami, dan melanjutkan aktifitas masing-masing.

Dari cerita Slamet gue paham, Slamet memposisikan diri secara perlahan. Nah sedikit demi sedikit bertindak seperti asuransi, memberi jaminan ojek antar jemput kuliah buat si Niken. Kota tempat kampus gue dulu memang cuaca sering panas banget, dan kalo hujan suka lama dan lebat banget. Asuransi adalah jaminan, dan Si Slamet mampu memberikan jaminan itu.

Sesempurna apapun manusia dalam menjalani kehidupannya, pasti ada celah dia merasa butuh bantuan pihak lain, dan tanpa membuat kita merasa hutang budi. Disitulah muncul peluang bisnis Asuransi.

Jaminan Keamanan, Jaminan Kesehatan, Jaminan Pendidikan, dan Jaminan hari tua, Bahkan Jaminan Kematian, Mungkin itulah sebab kebayakan masyarakat ingin punya NIP/NRP

Saat punya NIP/NRP, bahkan jika meninggal, gaji/tunjangan pesiun Pemilik NIP/NRP  tetap mengalir ke Suami/Istri atau keluarga lainnya. Belum lagi dampak sosial dari sebuah NIP/NRP.

Tapi gue ngerasa, mental pencari NIP/NRP lambat laun bisa mematikan semangat wirausaha. Para Sarjana jadi sibuk belajar untuk CAT, daripada merancang bisnis yang mungkin jika realisasikan dan digeluti dengan sunguh-sungguh, bakal bisa menyerap  ribuan tenaga kerja dan memberikan pensiun yang layak bagi ribuan orang tersebut.

Lembaga Narkotika Nasional (LNN)Where stories live. Discover now