Case 10

6.1K 303 26
                                    

Pagi itu London diributkan oleh kasus pencurian di Sussex. Korbannya adalah Mr. McMullen, konglomerat asal Sussex. Ketika Sherlock Holmes memeriksa rumah korban beginilah keadaannya :

- Isi lemari pakaian berceceran berserakan, namun tidak ada yang hilang. Hanya berceceran tak beraturan.

- Meja kerja korban seperti tak tersentuh, sama seperti keadaan sebelumnya.

- Jendela tertutup dan terkunci dengan baik.

- Berlian keluarga seharga satu juta poundsterling yang di pajang di atas meja kerja menghilang. Kaca akuariumnya tergores banyak di engsel.

- Di halaman terdapat bekas rumput terinjak/jejak kaki dari pagar menuju dapur dan sebaliknya, selain itu tidak ada.

Keterangan penghuni rumah :

Mr. McMullen : Aku sedang keluar kala itu, keesokan harinya ketika aku kembali aku melihat kekacauan ini dan berlian keluargaku sudah raib.

Juru masak : Aku sudah tidur saat itu sir. Aku adalah orang yang mudah tidur, jadi jika sudah terlelap suara bom nuklir pun mungkin aku tak dengar.

Mary (Pembantu rumah tangga) : Malam itu aku sangat lelah sir, jadi aku menitipkan kunci pada Ronnie. Aku memintanya mengunci semua pintu dan jendela.

Ronnie (Tukang kebun) : Malam itu aku sangat kacau sir karena rumahku di kampung baru saja disita, jadi aku berencana langsung tidur tetapi Mary memintaku menutup semua pintu dan jendela. Ketika aku pergi ke kamarku di belakang rumah, aku melihat seseorang sedang menutup jendela kamar tuan dari luar. Aku pikir itu kekasih Nona Alice, dia sering datang kalau tuan tidak di rumah.

Alice (Sekretaris pribadi) : Aku... Nggg... Aku benar tidak tahu Mr. Holmes. Aku habis dari dapur kala itu dan langsung tidur, aku tidak mendengar apa-apa lagi.

Semua penghuni rumah mengaku tidak ada yang merubah keadaan kamar itu, mejanya, lemarinya, jendelanya, lantainya, atapnya atau apapun disana.

Jadi, siapa pencurinya?

Book of Case (Riddle)Where stories live. Discover now