Kisah kentang busuk

87 3 2
                                    

nemu notes cerita ini jadi ingat sama mereka...dulu tiap malam sekitar jam 8an,kami ngemper di salah satu pertokoan yang ada di semarang untuk bercerita tentang sebuah kisah kepada mereka dan ini adalah salah satu kisah yang kami bagikan kepada mereka  dan mereka sudah mempraktekannya.

Selamat membaca....*hug*

*@*@*@*@*@*@*@*@*@*@*@

KISAH KENTANG BUSUK

by NN

Disebuah emperan toko, seorang kakak mengajarkan sesuatu pada mereka.Kakak ini membawa 1 kantong plastik besar yang berisi kentang dan tiap anak mendapatkan 4 buah kentang.

Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati mereka.

Beberapa di antaranya memasukkan sedikit kentang, sebagian membawa cukup banyak. Mereka harus membawa kentang dalam kantong itu kemanapun mereka pergi.

Menemani mereka ngamen, dibawa pulang, dibawa lagi ke sekolah,di bawa saat mereka mayang(mencari barang rongsokan) diletakkan di samping kardus tempat mereka  tidur, pokoknya, kentang dalam kantong itu tidak boleh jauh dari mereka.

Makin hari, makin banyak mereka yang mengernyitkan hidung karena kentang-kentang itu mulai mengeluarkan aroma busuk.

"Apakah kalian telah memaafkan nama-nama yang kalian tulis pada kulit kentang itu?" tanya sang kakak.

Mereka sepakat untuk belum bisa memaafkan nama-nama yang telah memaafkan mereka.

"Jika demikian, kalian tetap harus membawa kentang itu kemanapun kalian pergi," kata sang kakak

Hari demi hari berlalu. Bau busuk yang dikeluarkan kentang-kentang itu semakin membusuk. Banyak dari mereka yang akhirnya menjadi mual, pusing dan tidak nafsu makan karenanya. Akhirnya, mereka membuang kentang-kentang itu ke dalam tempat sampah.

Dengan asumsi mereka juga memaafkan nama-nama yang mereka tulis di atas kulit kentang.

"Nah, kalian tahu  kalau dendam yang kalian tanam sama seperti kentang-kentang itu. Semakin banyak kalian mendendam, semakin berat kalian melangkah. Semakin hari, dendam2 itu akan membusuk dan meracuni pikiran kalian," ujar sang kakak sambil tersenyum.

Mereka hanya terdiam, meresapi setiap perkataan sang kakak.

"Karena itu,sekalipun kalian menyimpan dendam pada orang lain, atau mereka pernah menyakiti hati kalian, maafkanlah mereka dan lupakan yang pernah mereka lakukan,jadikan hal itu sebagai pembelajaran dalam hidup kalian" kata sang kakak sebelum mengakhiri sesi sharingnya malam itu.

@*@*@*@*@*@*@*@*@*@*@

Kalau aku boleh tanya,kesan apa yang kalian dapat dari cerita itu??

Suara HatiWhere stories live. Discover now