SEBUJUR JASAD(6)

4 1 0
                                    

Sayup sayup terdengar suara adzan subuh yg membangunkan saya dari tidur yg lelap,ku hapus air mata yg menitik di pipi karena mimpi yg ku alami tadi malam ,Entah pagi ini perasaan ku jadi tak nyaman,seakan akan tuhan mengirimkan firasat kepada ku tapi saya tidak paham akan maknanya...
Matahari mulai memunculkan semburat bias sinarnya ,membuat saya semakin laju mengayunkan langkah .
Aroma bau tanah terasa sangat nikmat,barangkali semalam telah turun hujan pula di kampung ku ini.Angin dingin bertiup sejuk ketika saya lewati beberapa pohon pohon raksasa yg berdiri angker di tepian sungai palayarum yg daerah hilirnya memanjang hingga ke danau panggang dan daerah hulunya ke daerah sungai nagara dipa.
Dari kejauhan terlihat oleh ku banyak orang datang berduyun duyun yg menuju kerumah ku,ada apa gerangan ? makin ku percepat langkah ,saya hembuskan nafas kuat kuat ,berusaha membuang sangka buruk di hati.Ketika saya telah sampai di rumah ,ku lihat nenek ku duduk bersimpuh sambil sesekali beliau mengusap air matanya .
Tiada tanya apa ataupun kenapa ,karena saya sudah mengerti apa yg telah terjadi .Saya terduduk lemah ,mata saya tertuju kepada sebujur jasad berselimut kain yg tak bernyawa.
Saya tundukkan kepala ini,saya cium kening emak ku dan ku usap rambut beliau ,terlihat gurat gurat kebahagian dan seiris senyum di wajah beliau,sungguh beliau perempuan yg perkasa di dalam menjalani hidup dan di dalam menunggu sebuah penantian.Namun seiring lepasnya ruh dari badan ,berakhir pula lah penantian itu ,hilang jua lah rasa lelah dan sakit yg beliau tanggung selama ini.
Hanya isak tangis dan ratap pilu tanpa suara yg ku uraikan ,tiupan angin kali ini terasa sangatlh kencang ,membawa beberapa helai harapan dan impian saya turut terbang terbawa angin yg menyapu debu di pelataran candi agung amuntai ,lalu terhempas dan tenggelam di danau panggang ,beserta rembulan yg terlebih dahulu terbenam di dasarnya......The end.
Memory i love mom..kota amuntai kalimantan selatan.
Mohon kritik dan pesannya. buat kawan2 Jngn lupa like nya .Makasih.

BULAN BERKACA DI DANAU PANGGANGWhere stories live. Discover now