Bagian Dua

4K 176 14
                                    

Salsa baru balik ke kelas pas bel masuk bunyi. Dia langsung duduk di bangkunya dan dapet lirikan sinis dari seluruh anak² dikelas. Tapi, apa pedulinya? Toh Salsa ngerasa gak ngelakuin kesalahan apapun.

Posthink aja ya. Kali ae anak² dikelas ngeliatin dia karena iri akan kecantikan yang dimilikinya/?

Salsa duduk dibangkunya, bertepatan sama pak Doni yang masuk kelas. Terkadang, anak² tuh bawaannya pengen ketawa mulu pas ngeliat rambut bagian depan pak Doni itu botak, gak ada rambutnya. Dan lagi, kacamatanya tuh bentuknya bulet.

Tapi yah, telan mentah² itu omongan pas tahu gimana cara ngajarnya yang killer. Udah hobinya marah², ceramah, pake tunjuk² muridnya lagi. Mana soal yang dia buat pada belibet lagi, duh nyebelin banget dah.

"Tugas minggu lalu dikumpulkan ke depan sekarang!"

Gak pake salam kek, gak pake do'a dulu kek, gak pake basa basi langsung ae nanyain tugas.

Semua anak pada maju ke depan, termasuk Ari. Beruntung Ari tadi cepet²an nyontek punya Kevin. Kalo kaga, mampus dia.

"Sudah dikumpulkan semua?"

"Sudah pak."

Pak Doni membenarkan posisi kacamatanya, lalu menghitung jumlah buku yang terkumpul dan ada 30 buku. Sesuai dengan jumlah murid yang masuk sekarang.

Kemudian, pak Doni mengambil salah satu buku ditumpukan buku tugas tadi dan tersenyum melihat isinya.

Senyuman itu bukanlah pertanda baik bagi anak², tapi pertanda buruk bagi semuanya, karena ...

"Nomor satu akan dikerjakan oleh Ari." Ujar pak Doni lantang sambil meletakkan buku tadi ditumpukan buku tadi. Yah gini, pasti buku yang dipegang sama pak Doni pasti pemiliknya bakal disuruh maju ke depan buat ngerjain soal.

'Anjirr ngape gua yang dipanggil?? Mampus.' Ari deg deg an, tapi dia tetep ngelangkah maju. Bisa gak bisa, dia harus maju. Ini nyangkut harga dirinya. Seorang Ari mengangkat tinggi apa itu harga diri.

Ari ngambil spidol papan tulis dan mulai nulis soal yang dibacain sama pak Doni. Tangannya gak bergetar, bahkan raut wajahnya datar dan percaya diri. Padahal aslinya, hatinya geter² dan jantungnya rasanya kek pengen ngelompat gitu dari tempatnya.

Konfigurasi elektron X2- dari suatu unsur 16X adalah...

'Tai. Soal apaan ini weh.'

Ari cuman bisa ngelatin tulisan tangannya dipapan tulis. Ari menggigit bibirnya bingung. Tapi dia harus tenang. Stay cool. Meskipun kini posisinya lagi membelakangi anak², tapi tetep ae menurutnya itu gak boleh. Gak boleh nampakin sisi takutnya sama soal fisika.

Ari merem sebentar h narik nafas dalem². Dia merhatiin lagi soalnya dan nyoba inget² rumus soalnya.

Unsur x membentuk ion negatif seperti di atas berarti menerima 2 elektron sehingga jumlah elektronnya menjadi..

Dapet! Ari inget teorinya yang diterangin sama pak Doni minggu lalu. Dan berhubung daya inget Ari yang modenya lupa-inget yah do'a ae ya moga ae jawaban Ari bener.

X2- = 16 + 2 = 18
---> 1s² 2s²2p6 3s²3p6

Setelah yakin dengan jawabannya, Ari naruh spidolnya dimeja terus balik ke bangkunya dengan wajah stay cool.

Pak Doni ngecek hasil jawaban Ari di papan tulis dan mengangguk. Dan itu mengartikan kalo jawabannya bener. Buat sekarang, Ari bisa bernafas lega.

'Beruntung gua masih apal teori sama rumusnya' kata Ari sambil ngelus² dadanya lega.

~•~•~•~ My Hope ~•~•~•~

My Hope [ ARI IRHAM FIC]Where stories live. Discover now