10 Lagi Kartun Memiliki Rahsia Mengerikan

3.9K 84 3
                                    

Hiburan di tanah air memang banyak sekali bentuknya, terutama seiring dengan adanya arus globalisasi. Tak jarang kita dijejali dengan beragam hiburan baru yang masuk dengan membawa budaya negeri lain. Memang hal ini cukup menyenangkan. Mungkin karena kita merasa baru dan belum pernah melihat atau bahkan mendengarnya di Indonesia.

Salah satu bentuk hiburan yang bisa dikatakan tidak asli dari Indonesia adalah serial kartun. Hiburan ini bahkan tidak hanya menargetkan segmen anak-anak. Orang dewasa pun tak kalah tertarik dengan cerita-cerita ringan yang disajikan lewat gambar dan animasi yang epic di layar kaca. Bahkan tak jarang karena peminatnya begitu tinggi, serial kartun kemudian dijadikan dalam bentuk film layar lebar. Sebut saja Doraemon yang sempat menuai kontra akibat hoax yang menyatakan bahwa film layar lebar Doraemon: Stand By Me merupakan film terakhir yang bisa disaksikan mengenai kisah persahabatan Nobita dengan kucing abad 21 sepeninggalan sang pencipta karakter Doraemon, Fujiko F. Fujio.

Meski terdengar sebagai sebuah hiburan ringan yang cukup mengusir kepenatan Anda selepas bekerja, ternyata ada kisah-kisah tragis dan cenderung mengerikan di balik serial kartun yang terkenal dengan cerita ringan dan mengundang gelak tawa ini. Berikut ini merupakan 10 kisah mengerikan dari serial kartun.

1 Doug

Serial kartun yang pertama kali mengudara di Amerika Serikat tahun 1991 ini sebenarnya mengekspos kehidupan anak penderita gangguan mental. Karakter Doug adalah sebuah karakter anak kelas 6 SD yang berpindah ke sebuah kota baru dan ia berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang ternyata 'mengintimidasinya'. Supaya merasa bebas dari hal itu, karakter ini sering digambarkan sebagai orang yang kerap kali tenggelam dalam imajinasinya yang cenderung berbahaya, sehingga karakter ini cenderung menyerupai perilaku seorang skizofrenia.

2 Pocahontas

Karakter satu ini merupakan gambaran wanita sebuah suku bernama suku Powhetan. Cerita aslinya, Pocahontas bertemu dengan Smith ketika usianya baru menginjak 10 tahun. Dalam cerita asli, Smith memang ditangkap oleh suku Powhetan namun perlakuan suku tersebut kepada Smith sangat baik. Ketika Pocahontas berumur 17 tahun ia ditangkap oleh Inggris sebagai tebusan. Suaminya yang bernama Kokoum meninggal akibat dibunuh sementara Pocahontas diperlakukan sangat tidak manusiawi. Ia diperkosa berkali-kali hingga hamil, dibaptis secara paksa, bahkan dinikahkan dengan seorang pengusaha tembakau bernama John Rolfe. Setelah dua tahun hidup di Inggris, Pocahontas kemudian diketahui meninggal dengan naas akibat muntah tanpa sebab secara tiba-tiba.

3 Danger Mouse

Danger Mouse memang menampilkan karakternya yang lucu dan imut. Namun siapa sangka di balik tampang yang imut tersebut ternyata ada banyak unsur yang memperlihatkan bagaimana bentuk dunia yang diisi oleh hewan-hewan berakal. Yang menjadi hal mengerikan di sini adalah dunia digambarkan sebagai tempat yang sangat sedikit menyisakan ruang bagi kehidupan manusia, kemudian kartun ini mengangkat hewan-hewan sebagai penguasa bumi. Salah satu episodenya bahkan menceritakan bagaimana Danger Mouse pergi ke masa depan dan menemukan kenyataan bahwa bumi telah dikuasai kucing-kucing militer dan pada akhirnya tampaklah bahwa dunia ini telah dikuasai dan ditaklukan oleh para hewan.

4 Jem

Jem merupakan karakter yang hidup dalam sebuah serial kartun yang berfokus pada dunia musik. Namun ternyata kartun ini menggambarkan sebuah sistem hukum yang benar-benar tidak dianggap. Faktanya, serial ini benar-benar menggambarkan bagaimana uang dapat menutup mulut dan menghilangkan jejak keadilan. Dalam serial kartun ini diceritakan bagaimana persaingan industri musik satu sama lain begitu kejam, tidak hanya oleh musisi itu sendiri namun juga rumah produksi dan rumah rekaman yang tidak main-main dalam melancarkan aksi mereka. Bahkan hingga menghancurkan rumah yatim piatu, bermain-main dengan bahan peledak, tindak vandalisme, pencurian, bahkan penyiksaan secara psikologis.

Sejarah Hello Kitty ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang