Pengertian kreativitas dan ciri pribadi yang kreatif

72.6K 23 1
                                    

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).

Sedangkan inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing).

Jadi, kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda, sedangkan inovasi merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda.

Nilai inovatif, kreatif dan fleksibel merupakan unsur-unsur keorisinilan seseorang. Wirausaha yang inovatif adalah orang yang kreatif dan yakin dengan adanya cara-cara baru yang lebih baik (Yuyun Wirasasmita, 1994: 7). Ciri-cirinya, adalah:
(a) Tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik.
(b) Selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya.
(c) Selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan.

Kreativitas adalah kemampuan untuk melakukan pemikiran yang baru dan berbeda. Inovasi adalah kemampuan untuk melakukan tindakan yang baru dan berbeda. Rahasia kewirausahaan dalam menciptakan nilai tambah teletak pada penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan persoalan dan meraih peluang. Ciri-ciri kepribadian kreatif terletak pada keterbukaan, kreatifitas, kepercayaan diri, kecakapan, kepuasan, rasa tanggung jawab dan penuh daya imajinasi.

ciri-ciri innovational personality yang kreatif sebagai berikut: (segi pribadi)
(1) terbuka terhadap pengalaman. la selalu berminat dan tanggap terhadap gejala di sekitar kehidupannya dan radar bahwa di dalamnya terdapat individu yang berperilaku sistematis.
(2) kreatif dalam berimajinasi. Wirausaha memiliki kemampuan untuk bekerja dengan penuh imajinasi.
(3) cakap dan memiliki keyakinan atas penilaian dirinya dan teguh pendirian.
(4) selalu memiliki kepuasan dalam menghadapi dan memecahkan persoalan.

(5)memiliki tugas dan rasa tanggung jawab untuk berprestasi.
(6)memiliki kecerdasan dan energik.

(7) ekonomis dan bekerja tahan lama

Pengertian kewirausahaanDonde viven las historias. Descúbrelo ahora