RJP

3.8K 263 23
                                    

Masih sisa cerita dari stase IPD (Penyakit Dalam)

Jadi waktu itu gue lagi jaga malam ruangan. Tugasnya itu ya ngelaporin ke Dokter SpPD yang jaga malam itu (muskipun namanya jaga malam, tapi dokter itu gak jaga di rumah sakit. Beliau cukup bisa dihubungin via telfon/WA untuk kasih advice pasien yang masuk dari IGD sedangkan dek koas jaga malamnya beneran diem di ruangan dan nge anamnesis pasien baru yang masuk lalu lapor ke SpPD. Sad lyfe).

Nah saat itu gue diminta sama Dokter SpPD yang jaga untuk cek kondisi pasien Syok di IGD, bukan Syok kayak di tv tv kalau ketabrak mobil alias kaget ya wkwkwk. Syok ini keadaan dimana gagalnya sirkulasi darah untuk memenuhi perfusi ke jaringan sedangkan di darah itu kan ada oksigen jd kebayang kan kalau pasokan oksigen ke organ menurun juga bakalan kaya gimana? Dokter SpPD bilang kalau perawat terakhir lapor itu tensinya 50mmHG per palpasi(raba) dan sekarang pasiennya masih di IGD. Dokter bilang sih kalau pasien Syok apalagi dengan tensi yang sangat rendah gitu prognosis (Prediksi perjalanan penyakit) nya jelek dan keluarga harus di jelaskan kalau misal ada kemungkinan terburuk yaitu meninggal. Apalagi ini kan pasien Syok yang perjalanan penyakitnya cepet bgt jadi bisa aja keluarga nanti tidak terima karna pasien masuk dengan kondisi baik tapi kok tiba-tiba meninggal dan menyalahkan Dokter.

Ok gue pergi ke IGD dan pasiennya ternyata ada di Bed Resus. Perempuan usia 39 tahun. TTVnya yang gue inget itu Tensi 130/80 (N), Nadi 156x/mnt (Takikardi>>), Respirasii 46x/mnt (Takipnoe>>), Suhu 36 derajat. Kebayang gak itu pasien dengan kondisi jantung berdenyut kenceng bgt (Normalnya ya 60-100x), Pasiennya juga sesak bgt (Normalnya 12-20x) dan Akralnya super dingin. Saturasi oksigen juga cuma 48% dari 100% padahal itu pasien udah pake face mask oksigen 10liter/menit. Btw itu tensinya naik lagi sepertinya udah kasih cairan masuk atau di kasih obat sama dokter IGD ya, tapi gue gak liat di IGD udah di apain aja karna buru buru lapor TTV ke Dokter SpPD. Liat dari TTV nya sih itu kayaknya Syok Sepsis (Googling coba wkwkwk). Yaudaah gue lapor kan ke dokternya dan gue jd diterror banyak pertanyaan.

Sepsis kah? Mana hasil Lab? Hasil ekg kirimkan, ada foto thorax?? Masukkan ke Hcu segera.

Dan pasien ini memang mau dipindahkan ke HCU biar di observasi lebih lnjut. Gue ikut tuh pas pasien pindah HCU. Pasiennya gelisah bukan main, keringetan padahal suhu dia 36, tangannya juga dingin bgt. Sampai di HCU kondisi pasien menurun, tiba-tiba pasien megap-mengap dan para perawat teriak bilang kalau pasiennya Apnoe (henti napas). Oleh Dokter jaga HCU langsung di pasang intubasi (semacam tabung pnjang gitu via mulut untuk menghubungkan udara luar ke paru langsung jadi bisa dapat pasokan oksigen lebih banyak). Perawat lalu minta Dek Koas untuk antri bantu RJP (Tenanggg Dek Koas udah dapet pelatihan untuk RJP langsung dari Dokter Specialis Emergensi.)  dan btw ini pasien mau pindah ICU tapi ya liat kondisinya lagi...

Dannn ini pengalaman pertama gue untuk RJP. Jangan protes atau komen kok untuk pasien gawat malah koas yang RJP! Karna tindakan kita juga di liat oleh Dokter Jaga dan juga para perawat IGD dan HCU.

Yaudin gue naik tuh ke bed dan mulai RJP, pegellll gilaaa dan cape ngos-ngosan untuk sampe 5 siklus. Senior gue pernah bilang kalau RJP jangan khawatir matahin tulang rusuk pasien karna saat ini yg penting itu pasiennya 'balik' dulu aja. Jadi gue coba tuh nekennya agak dalem supaya kena ke jantung kan. Gue terus gantian aja Dek Koas-Perawat-Dek Koas. Sambil pasiennya di suntik Epinefrin juga. Pasiennya sempat 'hilang' dan di tengah-tengah 'muncul' lagi. Pas muncul itu kita stop RJP, liat apakah si jantungnya itu kerja karna efek obat atau karna memang udah bisa kerja lagi sendiri, tapi ternyataaaa itu cuma efek obat karna gak lama kemudian itu pasien 'ilang' lagi. Lanjuttt deh RJP lagiiii sambil di sela sela suntik epinefrin, Tapi sayang sampe udah 10 ampul, itu pasien gak 'balik' lagi :(  

Keluarga jelas nangis, apalagi ini pasien kayanya belom nikah deh jadi yang dateng itu kakak laki-laki nya dan bapaknya. Duh masih gak tegaan gue kalau liat ada pasien meninggal kaya gini 😭

Dari anamnesis yang gue baca dari lembar IGD, pasien ini awalnya dateng karna keluhan nyeri perut, dan psien juga punya riwayat DM. Jadi ini pasien kenapaa sebenarnya? Kalau liat dari TTV dan hasil lab sih Syok Sepsis sepertinya nah tp the problem sepsis nya dari mana itu gak ketauan. Tapi ya gak bisa ditegakkan juga diagnosis lain karna kejadiannya cepet banget. Kurang dari 2 jam dan pasien sudah plus.

Gantung lagi ceritanya? Hehehe ya maap, cuma mau liatin aja kalau gak selalu happy ending cerita dek koas ini... dan Abis pasiennya plus, gue keluar dari HCU dan lanjut jaga, jadi ya lagi lagi gue gak tau kisah full pasien ini :( tapi ya semoga pasiennya tenang di atas sana ya.....) dan psiennya tau kalau gue ada effort untuk 'balik'in pasien ke dunia waktu itu.... dan tentunya effort para Dokter IGD dan juga Kakak Kakak perawat sih.

Catatan KoasTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang