KISAH HIDUP NABI ADAM A.S

2.5K 37 15
                                    

Assalamualaikum hai semuanya gimana kabar kalian? :)

Dikesempatan yang berbahagia ini aku bakal share tentang kisah penciptaan manusia, jin, dan malaikat serta tujuan dari penciptaan mereka. Nah kalau ngomongin tentang penciptaan manusia kita gak akan lepas dari sejarah islam, yaitu tentang penciptaan Nabi Adam a.s serta penciptaan Siti Hawa. Dikisah ini aku juga bakal share tentang kisah cinta mereka yang diawali dengan manis kemudian Allah memisahkan mereka berdua dan dengan izin-Nya mereka bersatu kembali. Satu topik lagi yang bakal aku tulis disini adalah tentang pembunuhan pertama di dunia, yaitu  pembunuhan Habil dan Qabil yang merupakan anak dari nabi Adam a.s. Nah tambah penasaran kan heheh? kalian baca sampai habis yaa dan semoga apa yang aku tulis ini bisa menambah ilmu kalian. Terima Kasih:)

PENCIPTAAN MALAIKAT, JIN, dan MANUSIA

Allah menciptakan bumi dan langit dalam 6 hari (waktu di akhirat) 1 hari di akhirat 1000 tahun di dunia itu artinya Allah menciptakan bumi dan langit dalam waktu 6000 tahun.

Allah menciptakan bumi dalam 2 hari, setelah itu Allah membuat langit menjadi 7 lapisan/ tingkatan. Kemudian Allah menyempurnakan pembuatan bumi dengan isinya. Terdapat 3 makhluk berakal yang Allah ciptakan, yaitu Malaikat, Jin dan Manusia. Malaikat di ciptakan pertama kali dari ketigannya.

Malaikat diciptakan dari cahaya saja, didalam Al -alquran allah menjelaskan ciri-ciri malaikat dan tugasnya, bunyi ayatnya "Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan Bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."(QS. Fatir 35: Ayat 1)Malaikat bersifat statis artinya ia akan menjalankan semua perintah dari Allah ia tak akan membantahnya dan malaikat tidak memiliki rasa capek ataupun rasa malas.

Setelah Allah menciptakan Malaikat Allah kemudian menciptakan jin, Allah berfirman Allah SWT berfirman:" Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas."

Kemudian Allah menyampaikan bahwa ia akan akan menciptakan manusia kepada malaikat peristiwa ini terdapat di firman Allah yang berbunyi,  "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi". Mereka bertanya (malaikat) "Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?" Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (Al-Baqarah ayat 30)" Di ayat ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin di muka bumi ini.

Allah menciptakan Adam dari tanah liat yang kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk, kemudian Allah meniupkan ruh setelah allah menyempurnakannya Ia menyuruh malaikat untuk tunduk dan sujud Kepadannya. Semua malaikat sujud kepada adam, kecuali iblis, iblis enggan untuk sujud bersama dengan para malaikat. Allah kemudian bertanya kepada Iblis " Apa alasannya kalian tidak ikut sujud bersama dengan malaikat". Iblis pun menjawab, " Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang engkau ciptakan dari tanah liat yang kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk". Allah menjawab, " kalau begitu keluarlah kalian dari surga, karena sesungguhnya kalian terkutuk, sungguh kutukan itu sampai hari kiamat". Iblis menjawab, " Ya Tuhanku kalau begitu berilah penangguhan kepadaku sampai hari dimana manusia di bangkitkan pada saat itu". Kemudian Allah menjawabnya, " Baiklah, sesungguhnya kamu termasuk yang diberi penangguhan." kemudian iblis menjawab, "Tuhanku, oleh karna engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan kejahatan terasa indah bagi mereka dibumi, dan aku akan menyesatkan mereka semua, kecuali hamba-hambamu yang terpilih diantara mereka." Allah menjawab, " sesungguhnya kamu(iblis) tidak kuasa atas hamba-hambaku kecuali mereka yang mengikutimu, yaitu orang yang sesat." akhirnya iblispun di usir dari neraka.

Kisah Teladan - Para Nabi dan Rasul Allah Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang