Esai (a) ...

1K 83 4
                                    

ESAI
Erni kurniawati

Pengertian Esai

•••

Esai adalah suatu tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang subyek tertentu yang coba dinilainya.

Esai sastra adalah salah satu bentuk karya tulis yang marak diciptakan oleh berbagai kalanagan sastra. Dibawah ini pengertian esai menurut beberapa ahli.

Menurut H.B Jassin ( Sang Paus Sastra )

Esai adalah uraian yang membicarakan bermacam ragam,tidak tersusun secara teratur tetapi seperti dipetik dari bermacam jalan pikiran.Dalam esai terlihat keinginan,sikap terhadap soal yang dibicarakan,kadang-kadang terhadap soal yang dibicarakan.Pengeretian esai sebagai karangan yang sedang panjangnya,yang membahas persoalan secara mudah dan sepintas lalu dalam bentuk prosa.

Menurut Soetomo

Esai adalah sebagai karangan pendek mengenai suatu masalah yang kebetulan menarik perhatian untuk diselidiki dan dibahas.Pengarang mengemukakan pendiriannya,pikirannya,cta-citanya dan sikapnya terhadap suatu persoalan yang disajikan.

Menurut F.X Surana

Esai adalah sebagai kupasan suatu ciptaan,tentang suatu soal,masalah pendapat,ideology,dengan panjang lebar.Kupasan ini berdasarkan pandangan penulisnya dan diutarakan secara tidak teratur.

Menurut Aan Sugianto Mas (dalam modul idikan untuk materi perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Kuningan 1998 bahwa:

Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dengan pendirian,pikiran,cita-cita,siap penulisnya yang di utarakan secara tidak teratur.

Menurut KBBI
Esai adalah karya tulis atau karangan dalam bentuk prosa yang memaparkan tentang sesuatu masalah dari sudut pandang pribadipenulis secara lugas ndan sepintas.

Menurut Ensiklopedi Indonesia,

Esai adalah jenis tulisan prosa yang menguraikan masalah dalam bidang kesusastraan,kesenian kebudayaan,ilmu pengetahuan dan filsafat.Berdasarkan pengamatan,pengupasan,penafsiran fakta yang nyata atau tanggapan yang berlaku dengan mengemukakan gagasan dn wawasan pengarangnya sendiri.

Jenis-jenis Esai

•••

Esai Deskriptif,

Menggambarkan orang,tempat atau sesuatu sejelas dan sedetil mungkins sehingga pembaca dengan mudah membentuk gambar mental tentang apa yang ditulis.Esai ini bertujuan menciptakan kesan tentang seseorang.bentuk esai ini mencakup rincian nyata untuk membawa pembaca pada visualisasi dari sebuah subyek.

Esai ekspositori,

Esai ini menjelaskan subyek ke pembaca.biasanya dilengkapi dengan penjelasan tentang proses,membandingkan dua hal,identifikasi hubungan sebab-akibat,menjelaskan dengan contoh membagi dan mengklisifikasikan atau mendefinisikan.

Esai naratif,

Menggambarkan suatu ide dengan cara bertutur.Esai ini dapat menyatakan suatu emosi atau tampak emosional.rincian pendukung biasanya disajikan berdasarkan urutan kepentingannya

Esai Domentatif,

Memberikan informasi berdasarkan suatu penelitian di bawah suatu institusi atau otoritas tertentu.

Contoh Esai
Saya akan membuat esai tentang diri saya sendiri.

•••

Nama saya Erni Kurniawati yang biasa di panggil "Erni". Saya lahir pada 07 Januari 2000. Saya di lahirkan di sebuah bidan bertempat didesa Margototo Lampung timur. Saya dilahirkan dari keluarga yang cukup bahagia karna saya mempunyai kedua orang tua yang masih utuh, 1kakak dan 1 adik. Satu kakak laki-laki dan satu adik laki-laki, kami keluarga yang cukup kompak dan akur.

Saya besar di Lampung hingga sekarang. Dimulai dari pendidikan saya dari pertama TK,SD,SMP dan SMA bertempat semua Lampung Timur.

Saya termasuk tipe orang yang suka berubah-ubah , saya mempunyai hobi membaca dan mengarang, sangat senang menghayal , yaa seperti ini lah saya. Jika ada yang bertanya apa yang saya suka, artis yang saya suka, makanan yang saya suka makan jawabannya adalah saya suka hal-hal yang baru, saya sangat menyukai Sule, dan saya juga sangat menyukai makanan pedas.

Saya juga termasuk orang yang sangat cerewet, sangat suka kedamaian, saya sangat jail sebagai teman. Melakukan hal diluar akal sudah biasa bagi saya, bahkan banyak yang menyebut saya wanita gila. Tapi begitulah cara saya memperkenalkan diri agar tidak mudah dilupakan.

Menurut saya kebahagiaan terbesar yang mungkin tidak akan terlupakan adalah kebersamaan bersama keluarga. Keluarga adalah orang yang akan senang dengan keberhasilan saya dan sedih jika saya mengalami kegagalan. Namun, mereka masih tetap menyemangati saya.

Sekarang saya sudah berumur 18 tahun, walau sudah lulus SMA saya tidak melanjutkan Kuliah. Karna banyak faktor yang mungkin susah dijelaskan. Walau hati kecil selalu berteriak meminta lanjut kuliah.

Saya tidak banyak memiliki taman, karna saya tidak pandai berbaur. Namun, saya memiliki sahabat yang selalu ada untuk saya dengan banyak kekurangan saya. Dan saya sangat bahagia memiliki mereka.

Selesai...

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

Sampai jumpa di materi selanjutnya

Bye...

Kepenulisan ( Dasar-dasar Menulis Karya  )Where stories live. Discover now