Luka Batin

3.1K 184 8
                                    

Semestinya setelah mengalami kejadian yang mengguncang, kita segera mengambil tindakan agar hal tersebut tidak menjadi luka batin yang serius dan tidak menimbulkan korban lain

o0o

Luka batin adalah tumpukan emosi negatif yang tersimpan di bawah sadar seseorang. Bisa berasal dari luka batin orang tua sejak dalam kandungan maupun setelah lahir didunia ini, seiring perjalanan hidup bertemu dengan pengalaman yang menyakitkan. Pengalaman hidup yang menyakitkan ini tidak selalu sama pada tiap orang, bahkan pengalaman yang sama dapat memberi reaksi yang berbeda pada orang berbeda pula. Hal ini tentunya karena setiap orang tumbuh dari latar belakang keluarga dan budaya berbeda.

Bahaya luka batin jika dibiarkan dapat memicu munculnya karakter buruk pada diri orang yang mengalaminya. Hanya saja luka batin terletak di lapisan terdalam dari hati dan pikiran korban, bentuknya tidak terlihat bahkan tidak disadari oleh mereka. Namun bisa mewujud menjadi karakter negatif dalam pembawaan seseorang ketika berbicara, bertingkah laku dan bersosialisasi.

Luka batin adalah "buah" dari pengalaman yang mengguncang hati dan pikiran seseorang. Peristiwa yang menyedihkan dan membekas sampai ke batin terdalam dapat menciptakan luka traumatik bagi penderitanya.

Banyak yang menangani luka batin dengan mencoba melupakan peristiwa traumatik tersebut, tetapi seringkali itu tidak menyembuhkan secara permanen. Melupakan sebenarnya adalah upaya yang kurang tepat karena hanya bersifat sementara.

Kenyataannya, melupakan adalah upaya menekan luka traumatik agar tidak muncul ke permukaan namun sebenarnya luka tersebut tidak hilang dan hanya tenggelam ke alam bawah sadar seseorang.

Akan ada masanya tiba-tiba kenangan itu muncul entah karena kejadian yang sama atau karena pemicu lain,  dan luka itu menganga kembali dengan rasa sakit yang sama bahkan lebih besar menghantam penderitanya sampai jatuh tak berdaya.

Semakin berusaha menghilangkannya semakin pikiran tersebut bercokol disana seolah-olah sedang menunjukkan  keberadaannya dan berkata "ini saya, ayo akui"

Bahkan sering kali luka batin itu berkelebat sepanjang waktu di sela aktivitas kita dan mengakibatkan batin kita kembali berdarah dan membuat kita menjadi jatuh, putus asa, dan larut dalam kondisi negatif tersebut.

Banyak orang yang merasakan hal tersebut, saat sibuk mereka lupa akan rasa sakit di batin mereka namun saat dalam kesendirian kenangan tersebut mengampiri mereka bak teroris yang menakutkan dimalam hari.

Belum lagi rasa sakit tambahan yang mereka bubuhkan kepada luka tersebut karena menyalahkan diri sendiri dengan dengan kalimat "seharusnya".

Seharusnya...
Seharusnya aku bigini
Seharusnya aku tak begitu

Dan berbagai kalimat seharusnya lainnya. Yang membuat manusia semakin terpuruk.

Sering kali orang terjebak pada lingkaran luka batin yang tak kunjung usai karena tidak mampu untuk mengampuni diri sendiri dan terus melekat dengan kondisi yang mereka alami. Mereka terus berfokus pada rasa sakitnya dan lupa bahwa ada jalan bagi mereka untuk bangkit  dari keterpurukan yang telah mereka pilih. 

Luka batin yang dibiarkan sangat berbahaya bagi jiwa karena dapat menimbulkan dampak negatif. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita, terutama orang-orang yang kita kasihi.

Banyak sekali kasus menyakiti diri maupun menyakiti orang lain karena luka batin ini. Karena kecenderungan orang yang menjadi korban luka batin ini biasanya adalah memperlakukan orang lain dengan perlakuan "sama" dengan perlakuan yang pernah mereka terima.

Bahkan ada kecenderungan balas dendam meski kepada orang yang berbeda ataupun orang yang lebih lemah dalam posisi sosial misalnya pasangan hidup, anak, siswa dan lain sebagainya.

Semestinya setelah mengalami kejadian yang mengguncang, kita segera mengambil tindakan agar hal tersebut tidak menjadi luka batin yang serius dan tidak menimbulkan korban lain

o0o

Sampai bertemu di tulisan selanjutnya tentang bagaimana menangani luka batin.

Salam Berkah Selamat Bahagia

Resiyanto

Mohon dukungan vote nya ya, tombol bintang ⭐ itu sangat bermanfaat buat work ini, semoga kedepannya bermanfaat untuk lebih banyak orang.

Selanjutnya komen dan share jika tulisan ini dirasa bermanfaat buat teman-teman atau orang terdekat mu.

Bengkel Jiwa (#Terapi Psikologi Berdamai Dengan Luka Batin)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang