tari klasik india

959 13 3
                                    

* Tari Klasik India

Adalah tarian klasik yang berasal dari variasi berdasarkan daerah-daerah di india antara lain bharatanatyam dari tamil nadu , kuchipudi dari andhra pradesh, manipuri dari india timur laut, odissi dari orissa , serta kathak dari india dan pakistan.

*KATHAKALI

Adalah tarian yang berasal dari kerala(india selatan). Tarian ini merupakan drama musikal yang bermakna permainan cerita dan ditarikan untuk menggambarkan kemenanngan kebenaran atas kesalahan. Riasan wajah² penari dapat dibedakan sebagai satvik(rupa dewa), rajasik(rupa ksatria), dan tamasik(rupa setan). Tema dari kathakali berasal dari cerita klasik ramayana,mahabharata,dan berbagai kisah legenda dan mitologi hindu.

*MOHINI ATTAM

Adalah tarian yang berasal dari kerala. Tarian ini menceritakan tentang rasa cinta dan dedikasi terhadap dewa. Gerakan-gerakan dasar tarian ini adalah adavus yang dibagi menjadi 4 bagian; taganam,jaganam,dhaganam,dan sammisram.

*BHARATANATYAM

Berasal dari tamil nadu(india selatan) dan telah diwariskan selama 2000 tahun melalui pangajaran dari guru tari yang disebut nattuwanar dan penari kuil yang disebut devadasi. Empat nattuwanar dan tanjore yang dinamakan kuartet tanjore adalah kakak beradik yang bernama channaiah,ponnaiah,vadivelu, dan shivanandam. Kwartet tanjore dikenal telah mengkonstruksikan tari bharatanatyam.

*KUCHIPUDI

Berasal dari desa kuchipudi di andhra pradesh, india utara. Tari ini adalah sendratari yang didasarkan pada tradisi teater dan dikenal dengan nama bhagavata mela natakam.

belajar bahasa india (भारतीय भाषा सीखें )Where stories live. Discover now