SEKELEBAT INFO

397 44 15
                                    


Hai, selamat pagi! Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan bahagia supaya menulisnya lancar^^!

By the way, guys... Di bab ini crew akan memberikan beberapa penjelasan sedikit tentang pertanyaan-pertanyaan yang paling banyak kami dapat selama proses pendaftaran dibuka. Ayo luangkan waktu sejenak^^

Buat teman-teman yang sudah mendaftar, yuk simak! Dan buat teman-teman yang masih ragu untuk mendaftar, ayo dibaca juga. Mana tau sebagai pembelajaran dan jadi niat buat ikutan! Hehe

Apa aja sih yang mau di bahas? Oke, let's get it!


1. Alternate Universe (AU) dan Nama Lokal

Lumayan banyak nih dari kalian yang nanya, "Kak, ga boleh pakai nama lokal ya meskipun masih ada nama asli mereka? Kalau pakai AU sekolah gimana?"

Oke. Mari kita bahas satu persatu.

Penulisan fanfiksi sendiri memiliki beberapa genre. Seperti misalnya; romance, drama, thriller, tragedy, mystery ..., dan alternate universe. Nah, alternate universe ini apa sih?

AU atau Alternate Universe sendiri adalah sebuah fanfiksi yang dibuat dengan situasi dunia yang berbeda dari cerita aslinya. Contoh: Pada cerita, Lee Sooman tinggal di Madagascar dan menjadi Presiden di sana.

See? Padahal yang kita semua tau, Lee Sooman sendiri adalah pendiri dari SM Entertaiment.

Udah ngerti AU itu gimana?

Selain AU, ada juga istilah serupa yakni AR (Alternate Reality) dan AT (Alternate Timeline). Mumpung lagi bahas AU, mari kita mengenal dua temannya di atas.

AR atau Alternate Reality adalah fanfiksi yang dibuat dengan setting sama dengan aslinya, hanya saja ada beberapa fakta yang berbeda dengan aslinya. Contoh: Pada cerita, Ayahnya Yesung (dalam drama Miracle in Cell No. 7) tidak jadi dihukum mati dan dibebaskan setelah mendapat dukungan petisi dari rakyat. Lalu Yesung dan Ayahnya hidup bahagia hingga Yesung beranjak dewasa.

Nah, pasti tau dong drama yang gak asing lagi ini. Padahal di dalam drama aslinya, Ayah Yesung dihukum mati tanpa belas kasih.

Terakhir, AT alias Alternate Timeline. AT adalah fanfiksi yang dibuat dengan setting waktu yang berbeda dari aslinya. Contoh: Pada cerita, Lee Jaesuk hidup dan tinggal di Zaman Goryeo. Padahal kenyataannya, Lee Jaesuk tinggal di zaman modern.

So, sudah jelas AU itu gimana? Terus, apa hubungannya sama nama lokal sih? Maksud nama lokal yang banyak dipertanyakan tuh begini 'kan ya,

Jeno Kesuma –aslinya, Lee Jeno

Taehyung Abimana Putra –aslinya, Kim Taehyung

Loh Kak, tapi 'kan masih ada nama asli mereka. Masa gak boleh sih?

Gini sayang,

Sebelumnya 'kan sudah dijelaskan fanfiksi sendiri itu apa. Kalau nama idola yang digunakan sebagai cast diganti menjadi nama lokal, maka nantinya bakal disebut sebagai fanfiksi lokal?

Pada dasarnya, nama yang digunakan dalam fanfiksi adalah nama yang sama dengan aslinya. Nama yang tidak sama harus memiliki alasan yang luar biasa kuat. Misalnya: Hansol Vernon menjadi Prince Otto Vernon XI, maka hal itu dapat diterima karena pada cerita Vernon dijadikan seorang Pangeran di Britania Raya abad ke-17.

Namun, jika Vernon dijadikan Vernon Saputra karena latar tempatnya tinggal di Indonesia, balik lagi nih ke contoh di atas. Apakah Vernon punya nama Indonesia? Kecuali, kalau idola kalian memiliki nama lain atau nama panggung seperti; Bae Joohyun menjadi Bae Irene.

[SELESAI] 60 DAYS WRITING CHALLENGETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang