Perbedaan Sinopsi, Blurb, dan Prolog

131 7 0
                                    

Materi by rianur37



Prolog

Prolog adalah bagian dari novel yang terjadi sebelum awal dari cerita novel itu sendiri. Prolog bisa terdiri dari beberapa baris, sampai sepanjang satu chapter atau bab. Prolog seringkali digunakan untuk memberi informasi pada pembaca mengenai event yang terjadi sebelum cerita atau kehidupan karakter.

Prolog juga bisa jadi penyedia latar belakang, mengungkap bagaimana karakter bisa berada ada dalam situasi sekarang. Prolog juga bisa berfungsi buat memperkenalkan cerita atau membangun tone cerita.

Kalo pembaca gak baca prolog, apa dia masih akan menikmati dan mengerti cerita kamu?

Bisakah informasi di prolog diletakkan dalam cerita utama, melalui dialog, tindakan, atau pikiran karakter?

Apakah prolog kamu terlalu lambat dan lebih cocok sebagai pembuka cerita yang sebenarnya?

Apakah prolog kamu akan mengurangi nilai penting atau malah mengalihkan perhatian dari pembuka cerita yang sebenarnya?

Gunakan prolog untuk memberikan informasi yang sulit ditempatkan di lokasi lain dalam cerita. Tapi, usahakan agar prolog kamu tidak hanya berisi sampah informasi. Pastikan informasi yang kamu bagi di prolog punya fungsi dan peran bagi karakter dan plot. Serta, jaga prolog kamu biar tetap singkat dan jelas.

Hindari membuat prolog jika akan menghambat ceritamu dan membagi perhatian pembaca. Kalau kamu hanya ingin memancing perhatian pembaca membangun mood, kamu bisa melakukannya di bab 1, tidak perlu menggunakan prolog.

Tentu saja tetap kamu boleh memasukkan prolog dalam ceritamu. Itu adalah hakmu sebagai penulis cerita. Tapi pastikan prolog tersebut penting untuk cerita dan punya tujuan yang jelas.

(Sumber: thewritingplace, warriorwriters)

Prolog semacam awalan dari cerita namun terkesan misterius gitu. Bisa di tulis panjang maupun pendek.

Contohnya :

Gadis itu berlari sekuat tenaga di bawah guyuran hujan malam, guna menghindari beberapa pria bertubuh besar yang tengah mengejarnya.

"Hey! Mau lari kemana kamu?!"

Sang target semakin mempercepat larinya ketika suara pria-pria tersebut mulai terdengar jelas.

Jalanan yang licin akibat hujan, membuat keseimbangannya goyah. Naas, si gadis malang harus kembali merasakan sakit. Tubuh rapuh itu menggelinding di bawah sana.

Seolah  bersekongkol, akar-akar pohon yang timbul di dalam jurang pun ikut menghantam habis tubuhnya.

Ia tidak bisa berbuat apa-apa, selain menutup mata sembari menunggu kesadarannya menghilang.






Sinopsis

Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu ibarat pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting.

Intinya manteman... Sinopsis itu semacam singkatan dari isi cerita kita namun juga harus jelas dan tentunya panjang 😭 alurnya menuju ke mana... Konfliknya harus di jelasin... Penyeselesaian konfliknya juga harus di jelasin dan tokohnya juga.

Dan aku sendiri tipe orang kalau bikin sesuatu itu yang bikin penasaran orang. Gak bisa jelasin secara gamblang tentang cerita yang kutulis.

Jadi contoh selanjutnya juga bukan dari aku. Duh ya... Aku nih emang belum pengalaman kalo dalam ngejelasin materi.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Sep 23, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

DC MateriTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang