Mengatasi Komedo

398 26 0
                                    


Ada dua jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo hitam timbul karena komedo putih yang sudah dapat teratasi dalam artian komedo hitam adalah proses penghilangan komedo putih. Tapi keduanya tetap saja masalah.

Ada banyak cara untuk dapat menghilangkan dua jenis komedo ini. Sudah banyak alat dipasaran untuk menghilangkan komedo tapi di sini saya akan memberikan tips menghilangkan komedo dengan cara simpel dan murah.

1. Menggunakan scrub

Scrub dapat digunakan untuk mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori. Pori-pori terbuka dapat timbul komedo pun kebalikannya. Dengan menscrub wajah secara teratur dapat membersihkan pori-pori sekaligus mengangkat komedo yang timbul di area kulit. Biasanya komedo timbul paling banyak dibagian hidung paling depan ataupun sekitarnya dan biasanya jika hidung dipenuhi komedo secara kasat mata pasti terlihat jelas dan jika kita raba dengan jari akan terasa kasar area tersebut, seperti ada duri halus yang timbul. Dengan menscrub bagian-bagian komedo yang timbul kepermukaan itu dapat terkikis walaupun tidak sepenuhnya mengangkat hingga ke akar/dalam pori-pori hidung. Tapi dengan menscrub cukup mampu untuk menghilangkan komedo putih dan sisanya--serta membuat kulit jadi lebih terasa halus.

2. Menggosok dengan sikat gigi

Sikat gigi secara fungsi sama dengan scrub dapat menghilangkan komedo halus yang terasa kasar ketika kita menyentuhnya. Mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Caranya mudah, ketika kita sedang melakukan cuci muka dengan sabun muka yang biasa digunakan jangan segera dibasuh terlebih dahulu tapi biarkan kita coba untuk menggosok area-area yang ingin dihilangkan kulit mati/komedo/memperhalus kulit. Gosok secara perlahan agar tidak terjadi iritasi dan lakukan selama beberapa saat. Tiga puluh detik cukup atau sekiranya area yang diinginkan sudah terasa halus ketika kita sentuh dibandingkan sebelumnya.

3. Angkat komedo dengan sendok

Cara ini sangat ampuh untuk mengangkat komedo hingga ke akar-akarnya. Kekurangannya dapat membuat pori terbuka, karena semakin pori terbuka semakin mudah mengeluarkan komedo dari dalam pori-pori.

Caranya mudah, kita cukup menekan area komedo yang ingin dibersihkan dalam kondisi wajah basah. Menekan dan menarik sendok ke arah dalam atau atas hidung setelah selesai dilakukan kita dapat mengulanginya kembali dengan arah yang berkebalikan. Komedo putih yang berbentuk seperti cacing halus akan keluar dari pori-pori, itu adalah komedo putih yang dapat timbul menjadi komedo tajam dan membuat kulit kasar jika tidak ditangani akan menjadi komedo putih yang ukurannya besar-besar seperti jerawat.

4. Pore Pack

Menggunakan pore pack ini sangat ampuh memangkat komedo hitam dan akar-akar komedo yang akan timbul lagi. Caranya kita harus basuhi terlebih dahulu area hidung sebab pore pack tidak akan bisa menempel di area yang kering lebih tepatnya tidak dapat merekat dan mengangkat sempurna komedo. Jadi basuhi terlebih dahulu area yang ingin kita bersihkan komedonya, kemudian tempel pore pack dan diamkan sekitar 15-20 menit atau sampai pore pack terasa kaku. Setelah itu baru kita lepas perlahan kesatu arah, dan lihat hasilnya komedo menempel sempurna di pore pack. Ini benar-benar menjijikan, aku paling geregetan sama komedo nih sumpah. Kita dapat melakukannya paling banyak tiga kali seminggu. Keunggulan lainnya dapat memperkecil pori-pori.

Aku pernah nih, pertama kali mencoba menggunakan ini waktu smp atau satu sma gitu. Jadi zaman itu tuh aku dibuat kesel banget sama komedo akhirnya aku cari deh benda ini setelah aku browsing di intranet. Aku pergi ke pasar, ke salah satu toko kosmetik. Kan aku gak cari tau dulu harganya berapa yah, dan kemasannya kayak gimana. Jadi si penjual tuh, ngasihnya satuan. Awalnya dia bilang gini, "Tapi harganya lumayan, satuannya,"
Aku tanya, "Emang berapa Mbak?"
Dia jawab, "Empat ribu,"
"Yauda saya beli tiga," kata aku.

Sampai rumah itu tulisan dikemasannya bahasa Thailand semua. Beda sama sekarang udah ada bahasa Indonesia sama bahasa Inggrisnya.

Jadi intinya aku gak tau kalau ternyata pakai pore pack ini hidungnya harus dibasahin dulu. Waktu itu aku pakai aja, aku diamin 15 menit, pas dibuka komedo gak keangkat sama sekali. Aku ulangin dua kali tapi tetap sama akhirnya aku kesel banget dan sisanya aku buang.

Beberapa tahun kemudian, aku lihat iklannya di tv. Di sana diliatin cara pakai yang bener kayak gimana. Ah, aku baru tahu. Dan aku ngetawain diri sendiri.

Terus kali ini aku pergi ke Alfamart, dan baru tahu juga ternyata kemasan yang benernya itu dari kertas kardus gitu-- dan isinya ada empat yang waktu itu aku beli isinya tanpa kemasan luar kardusnya. Di sini baru ada tulisan Thailand dan Inggris aja belom ada Indonesia. Akhirnya setelah sekian lama baru tahu, dan komedoku pun dapat teratasi dengan mudah.

Harganya 15.000/ps. Bayangin aja, harga 15.000 di tahun ini berarti sekitar enam atau tujuh tahun lalu harganya jauh dibawah ini. Aku tertipu sama si mbak kosmetik itu, udah dikasihnya secara satuan gak dikasih tau cara pakainya lagi.

Itu tadi cara mengatasi komedo dengan mudah dan murah by Amaliyaakmad, semoga bermanfaat. Jangan lupa divote untuk dukungannya dan follow @Amaliyaakmad agar selalu mendapatkan notifikasi ketika saya update bagian baru. Terima kasih.

Sekiranya ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar.

Beauty StoryWhere stories live. Discover now