Kelompok Pendukung Skripsi

211 10 0
                                    

Kalau berdasarkan analogi musafir tadi, untuk membuat perjalanan ngeskripsi jadi lebih asyik lagi kuat, maka diperlukan kelompok pendukung skripsi. "Kelompok apa-an tuh?"

Kelompok pendukung skripsi adalah kumpulan orang-orang yang dapat mendukung pengerjaan skripsi. Bentuk dukungannya dapat berupa material dan non-material.

"Kayak bangun rumah tangga aja -_-!"
Wkwkwkwk... Oke next..

Nah, contoh bentuk dukungan material seperti kertas skripsi, ngejilid skripsi, tempat ngeprint murah bahkan gratis, dsj. Sedangkan bentuk dukungan non-materialnya seperti semangat dikala lelah, alarm dikala terlalu terbuai, tips dan strategi ngeskripsi, dsj

Nah, siapa sih orang-orang ini?
Bisa orang tua, teman seperjuangan, senior-junior yang peduli, hingga dosen.

Sedikit cerita, perjalanan ngeskripsi saya dulu cukup menantang. Dimulai dari pilihan untuk menyelesaikan pemirama kampus dulu (± 3 Bulan), baru lanjut ngeskripsi, lalu laptop rusak, tak ada printer, tekanan keluarga, uang menipis dan pokoknya macam-macam deh. Tapi alhamdulillah perjalanan itu membuahkan manfaat yang manis dan pantas untuk dikenang.

Dengan keterbatasan itu, alhamdulillah Allah selalu membantu lewat perantara kelompok pendukung itu, orang tua yang selalu mendoakan dan membantu financial, teman seangkatan hingga junior yang membolehkan laptopnya dipinjam dalam waktu yang lama, senior yang selalu memberikan tips dan strategi ngeskripsi, teman yang menawarkan bantuan ngeprint gratis pula. Asli, mewek saya kalau mengenang jasa-jasa mereka tuh wkwkwkwk...

"Aaaa cengeng lu bang"
Biarin wkwkwkwk

Ada juga orang tua, teman bahkan junior yang suka marah dikala saya lalai ngeskripsi wkwkwkwk... . Alhamdulillah masih ada alarm supaya tidak nyantai-nyantai amat.

Bahkan ada juga bantuan yang datang dari arah yang tak diduga-duga, seperti mood dosen yang lagi bagus, beberapa kali konsul langsung di ACC, ketemu buku referensi secara tiba-tiba, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

Oke, mungki itu dulu
Semoga kamu dapat menemukan kelompok pendukungmu. Jangan putus berdoa dan minta ampun kepada Allah.

Keep Calm and Stay Ngeskripsi

Jalan Tikus NGESKRIPSI | Completed ✅Where stories live. Discover now