Membuat konflik yang memicu adrenalin.

19 4 0
                                    

Sebelumnya aku mau tanya sama kalian Konflik itu apa sih?.

Bagi yg belum tahu konflik itu aku jelaskan.
–Konflik adalah masalah yg muncul/timbul pada pertengahan cerita.

–Konflik adalah rintangan yang harus di hadapi oleh tokoh utama

–Konflik adalah hambatan bagi tokoh utama untuk mencapai tujuan.

Jadi ada 3 arti Konflik itu. Dari ketiga itu maksudnya sama, tapi aku hanya pengen menjelaskan lebih detail dari kesamaan ketiga pengertian diatas ↑.

Beberapa novel yang pernah aku baca, pasti didalamnya terdapat bagian konflik. Mengapa? Menurutku konflik itu sangat penting buat cerita kita. Karena kalau enggak adanya konflik terus ngalir nya datar aja gitu? Enggak kan, yang pastinya enggak bakal seru kalau cerita kamu enggak ada konflik.

Konflik itu macam² ada konflik yang ringan ataupun konflik yang berat.

Nih yah aku kasih contoh
–Misalnya konflik tentang mengejar orang yg kita cintai agar ia bisa jatuh hati kepada kita (itu termasuk konflik ringan)

–Contoh kedua, misalnya seorang wanita tengah hamil muda dan ternyata dia bagi tahu suaminya bermain api dibelakangnya. Jadi sang tokoh utama tidak bisa meninggalkan suaminya karena ia sedang hamil muda (itu konflik berat).

*Lalu, bagaimana sih membuat konflik yang menegangkan?*

*Oke, ini dia tips-tips nya*

Pertama kalian harus mengeksplorasi si karakter. Karena inti dari sebuah konflik adalah si karakter nya ini, gimana kebiasaan karakter ini atau gimana cara menghadapi masalah karakter ini. Jadi, intinya cari tahu tentang karakter yang sedang kamu ceritakan.

Lalu setelah kalian eksplorasi karakter cerita kalian masing-masing, carilah pemicu yang membuat konflik menjadi seru dan menegangkan. Entah itu konflik ringan ataupun berat. Untuk membuat solusi dalam permasalahan tersebut, kita bisa memperdalami teori karakter dan kepribadian. Dapat teori nya darimana kak?. Teori itu enggak susah kok say, coba deh kalian baca cerita novel yang sudah terkenal seperti cerita Mariposa yang ditulis oleh Luluk_hf atau cerita I'm Yours yg ditulis oleh kak Putrilagilagi. Pokoknya terserah kalian, coba deh baca cerita mereka yang pas dibagian konfliknya. Terus bagaimana tokoh tersebut menghadapi konflik yg ada di sana. Pasti kalian paham dengan teori mereka buat.

Terus buatlah emosi sang tokoh utama ataupun tokoh antagonis yang menegangkan. Buatlah emosi mereka meledak hingga pembaca ikut merasakan simpati pada sang tokoh.

Oke hanya itu kok cara-caranya. Ini saran aku yah, kalian boleh kok membuat misteri yang tidak akan pernah ditebak oleh tokoh ataupun pembaca. Yang pastinya membuat sang pembaca penasaran. Tapi, kalian juga jangan terlalu lama menyimpan misteri konflik nya ini, nanti pembaca bakalan bosan sama cerita kalian. Nah saran aku itu termasuk konflik yang berliku-liku.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jul 29, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Materi ALCTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang