Prolog

204 2 1
                                    

Pendidikan kedokteran memiliki tahapan-tahapan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang  panjang. Setelah 3,5 tahun masa pendidikan preklinik termasuk dengan 6 bulan perjuangan menghadapi skripsi, mahasiswa kedokteran akan menyandang gelar Sarjana Kedokteran. Akan tetapi gelar sarjana ini masih belum dapat digunakan sehungga perjuangan mereka masih terus berlanjut dengan adanya tahap pendidikan profesi dengan menyandang gelar koass. Pendidikan kedokteran selanjutnya akan ditempuh oleh dokter umum yang ingin menjadi dokter spesialis sebagai seorang residen. Tak cukup sebagai spesialis, tuntutan zaman menyebabkan adanya pendidikan untuk subspesialis, konsultan, dan gelar akademik yang lebih tinggi. Setiap dokter terikat dalam pembelajaran seumur hidup demi menjaga kebaikan dan keselamatan pasiennya.

Di tengah kehidupan para dokter maupun calon dokter yang penuh dengan kesibukan, tuntutan, tekanan dan keseriusan tetap ada keceriaan dan kesenangan di dalamnya. Banyak masalah yang dihadapi selama proses pendidikan kedokteran namun banyak juga cara yang digunakan agar mereka bisa tetap bertahan hingga mencapai cita-cita yang mereka idamkan.

Dalam masa pendidikan, hampir semua waktu mereka habiskan di rumah sakit. Tak jarang mereka tidak pulang hingga berhari-hari lamanya. Hal ini menyebabkan banyak kisah-kisah baru yang berbeda termasuk di dalamnya kisah cinta. Tak jarang pertemuan yang intens dapat menimbulkan rasa cinta antara dua insan. Adanya tekanan yang tinggi dalam dunia kedokteran saat menghadapi berbagai kasus dapat memperlihatkan sisi lain dari setiap orang yang mungkin akan menimbulkan rasa baru yang indah antara dua orang atau sebaliknya memecah belah hubungan antara dua orang. Kesibukan dalam dunia kedokteran juga merupakan salah satu tantangan untuk mempertahankan sebuah hubungan. Hal-hal ini menimbulkan cerita-cerita cinta yang unik dan menarik dalam dunia kedokteran, misalnya antara sesama mahasiswa, antara junior senior, antara rekan seprofesi, maupun beda profesi. Cerita cinta dalam dunia kedokteran tak kalah menariknya dengan cerita cinta lainnya.

Karena setiap cinta punya ceritanya masing-masing.

Med School Love StoriesWhere stories live. Discover now