[★] Hal penting dalam membuat cover

2.4K 197 23
                                    

Judulnya apa banget. Jadi sesuai judul, gue bakal ngasih beberapa hal yang perlu diperhatiin dalam membuat cover. Ini biasanya yang gue pake sih.

Biasanya kan ada tuh, gambar covernya bagus, tapi fontnya bikin nggak sreg. Ya udah kuy, langsung aja.

1.Kualitas gambar
Ini sering banget terjadi. Gambar nggak hade tetep aja dipake cover. Hasilnya jadi pecah-pecah. Mending saran gue cari gambar lain atau ukuran lain karena hal ini berpengaruh banget buat covermu.

2.Jenis font
Saran gue, kalo pake font dalam sebuah cover jangan lebih dari dua. Atau bisa lah lebih dari dua tapi yang sesodara sama font lain.

Kalian juga harus tau, di saat bagaimana kalian harus pake font kaku (ex: Century Gothic) dan font latin (ex: Chasing Embers). Karena nggak semua gambar cocok dengan semua font. Nih gue kasih contoh cover yang nggak cocok sama fontnya.

 Nih gue kasih contoh cover yang nggak cocok sama fontnya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

kalo kata gue sih nggak cocok yah. Kalo beberapa dari kalian merasa cocok yah sorry 😂. Kalo menurut gue, yang cocok tuh kek gini.

 Kalo menurut gue, yang cocok tuh kek gini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

3.Tata letak font
Kalo naruh font, usahakan jangan nutupin objek utama dalam gambar. Objek utama itu apa? Contoh objek utama dari cover di atas adalah orang yang rentangin tangan itu. Sama halnya kalo nanti ada rumah atau apaan kek, kalian bisa hapus beberapa bagian huruf pake PicsArt. *tutor udah ada*

4.Kesesuaian gambar
Buat kalian yang udah pernah request cover, biasanya dimintain deskripsi cerita kalian kan? Buat apa sih gituan? Itu biar memudahkan si pembuat cover buat nyari gambar yang cocok buat cover kalian.

Kesesuaian gambar menurut gue penting yah. Kek misalnya kalian pake cover yang gambarnya ada cowok diem sama cewek nari-nari. Sedangkan cerita kalian tentang bad boy yang nggak bisa diem. Kan... beda.

5.Warna font
Warna font juga harus seirama sama warna dominan dalam gambar. Atau kalo enggak item yah putih karena warna netral. Kayak yang di atas, warna emang dominan ke kuning, tapi bawah lebih dominan ke ungu. Jadi pake lah.

6.Shading
Pernah kan liat cover yang ada shadingnya? Shading itu yang bikin cover kesannya kek mengkilap (?) ya itu lah pokoknya. Shading emang kadang dibutuhkan. Tapi kadang juga enggak.

Nah pas dibutuhin tuh, kadang-kadang banyak yang opasitasnya kebesaran. Jadi objek covernya tuh nggak keliatan. Biasanya shading dipake pas cover gelap-gelap, terutama cover manipulasi.

 Biasanya shading dipake pas cover gelap-gelap, terutama cover manipulasi

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

cover di atas ini buatan @natafira. Kalo kalian keliatan, itu ada shadingnya. Tapi tipis banget. Dan menurut gue itu udah pas karena covernya terang.

7.Overlay
Kalo cover kalian simpel, usahain jangan terlalu banyak overlay. cukup satu atau maks dua. Kalo manip mah, serah kalian :v.

Yang terpenting dari semua itu adalah niat! Kalo kalian pengen buat cover yang keren, udah siap toolsnya, udah baca tutor sana sini, tapi nggak niat mah sama aja. Jangan pesimis enggak bisa. Kalian bilang enggak bisa karena belom nyoba. Nanti pas kalian coba dan ternyata bisa tuh ada kepuasan tersendiri. Coba deh makannya. Di sini ada dd yang siap menjawab pertanyaan kalian, selama bisa :v

"Sebagus-bagusnya cover dari tempat request an, pasti lebih bangga kalo pake cover buatan sendiri walaupun nggak bagus-bagus amat," —zheitama

Btw, makasih yah, buku ini bisa nangkring diurutan ke 27. Yah walaupun belom tinggi, tapi saya terharu :" Hiburan terbaik setelah tau kalo 2 bulan kedepan bakal full try out. Maafin kalo jarang update, adminnya kelas 9 semua huhu ToT

3 Maret 2017

Pixienavigation - Tutorials CoverWhere stories live. Discover now