01. Kosmetika? Skincare? Duh, itu apa?

2.7K 171 28
                                    

"Bahwa sesungguhnya cantik dan kulit sehat itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka kesalahan pemahaman dalam dunia per-skinker-an harus dibetulkan! Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadian."

Hai, Sobat Tasytalk 🤗

Apa kabar? Untuk permulaan awal, tasya akan membahas hal paling penting sebelum menjadi pengguna skincare. Mau tahu, apakah itu?

Kalau mau tahu, jangan lupa vote dulu yaa. Sebagai bentuk support kalian kepada tasya *pleaseee* ☹

Oke-oke, yuk lanjuut. Sebelum mengenal jauh, kita harus mengetahui dulu pengertian dari kosmetika. Kalian yang 100% berjenis kelamin perempuan, setidaknya mengenal apa itu sabun mandi, pembersih wajah, handbody, shampoo dan perawatan kulit lainnya.

Menurut kalian itu termasuk kosmetika atau bukan? Hayoo monggo dijawab😆

Bagi yang tahu dan ingin berbagi ilmu, ketiklah di sini 👉

Defenisi kosmetik dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 220/MenKes/Per/X/1976 tanggal 6 september 1976 yang menyatakan bahwa kosmetika adalah bahan atau campuran bahan untuk digosokkan, dilekatkan, dituangkan, dipercikkan, atau disemprotkan pada, dimasukkan ke dalam, dipergunakan pada badan atau bagian badan manusia dengan maksud untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik atau mengubah rupa, dan tidak termasuk golongan obat (Wasitaatmadja, 1997).

Oke, aku tahu itu kebanyakan kata, kalian pasti males baca. Jadi kita awali dengan pengertian secara umum sesuai opini dari tasya aja, cekidot!

Menurut tasya, kosmetika adalah bahan-bahan yang digunakan untuk memberikan dampak kulit sehat berseri. Ada yang bilang kalau pakai kosmetik wajah terlihat memberikan aura berbeda, jadi beberapa perempuan menggunakannya untuk memperias diri.

Kalau ada yang bertanya, "Lalu Kosmetika itu ada berapa jenis kak Tasya?"

*Ehem! :v tasya mikir dulu*

Menurut pemahaman tasya, kosmetika itu tasya bagi menjadi 2 jenis untuk wajah, yaitu;
1. Kosmetik riasan/Make up.
2. Perawatan kulit/Skincare.

Kalau ada yang bertanya lagi, "Terus apa bedanya, kak tasya?"

Nah, perbedaannya itu sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, sering di salah artikan bahkan sampai terkadang ada yang salah penggunaannya.

Pertama, Kosmetika adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis. Perihal atau tata cara menggunakan kosmetik disebut dengan tata rias atau make up.

Contohnya : Foundation (Ibu-Ibu sering bilang ini alas bedak), powder/bedak, eye shadow, eyebrow, eyeliner, maskara, blush on, lipstick, etc.

Kedua, Skincare adalah perawatan kulit dari luar. Jadi, skincare itu lebih kepada merawat dan menjaga kesehatan dari kulit. Berbeda dengan make up yang hanya mampu menjadi cover luar atau sebagai penutup ketidaksempurnaan wajah saja.

Skincare hadir dengan kekuatan, sebagai produk yang mampu memberikan kelembapan, kecerahan dan kesehatan maksimal untuk kulit yang lebih baik. Tuh, jadi skincare bisa jadi infestasi jangka panjang bagi kamu yang ingin cantik alami tanpa pemanis buatan *hihi*

Contohnya : Face wash, milk clenser, moisturizer, sunblock/sunscreen, lipblam, face mask, etc.

Bagaimana? Apakah kalian sudah mengerti? Atau masih bingung dengan pembahasan tasya kali ini? Tenang kalau masih bingung, kita bisa belajar pelan-pelan.

Lalu untuk kalian yang sudah mengerti,
langkah selanjutnya jangan sampai lupa untuk melihat apakah produk yang kalian gunakan itu aman, atau tidak.

Kalian bisa mengeceknya di👇
Cekbpom.pom.go.id.

Di web tersebut, kalian bisa mencari kosmetik atau skincare yang kalian pakai berdasarkan nomer regristrasi, merk kosmetik dan nama produknya.

Jadi, untuk kosmetika pada dasarnya tidak ada perbedaan berarti. Hanya saja dalam kehidupan sehari-hari sering adanya pemahaman berbeda, seperti kata gelap yang sebenarnya ialah tidak adanya cahaya dalam pelajaran fisika.

Itu juga sama dengan kosmetika, yang tasya golongkan menjadi 2 agar kalian tidak susah membedakan fungsi, pemakaian, kegunaan antara kosmetik dan skincare pada wajah kita.

Semoga pembahasan awal kali ini membantu, dan membuat kalian tertarik untuk membaca lebih jauh.

Jadi, jangan sampai lupa untuk vote, comment dan kalau kalian tidak keberatan boleh untuk membagikan panduan ini ke teman-teman kalian.

Jadi segitu aja dulu,
Semoga membantu.
Dadah💕

TASYTALKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang