7. homemade mie

1.5K 40 6
                                    

Hai hai hai, gw nongol lagi disini

Oops! Ang larawang ito ay hindi sumusunod sa aming mga alituntunin sa nilalaman. Upang magpatuloy sa pag-publish, subukan itong alisin o mag-upload ng bago.

Hai hai hai, gw nongol lagi disini.
Apakabar kalian semuanya? Disini cuacanya lagi gag enak banget nih. Mulai panas, angin dan hujan. Dan kalo pas hujan gitu kan enaknya makan yang panas-panaskan ya.

Gw uda lupa siapa kemaren yang nanyain resep mie ramen yang gampang bikinnya. Gw sih ingatnya pas di just cooking ada yang nanyain. Nah, pas kapan hari itu gw uda niat banget bikin. Uda nyiapain enoki, pokcoy, sama daging sapinya juga. Dan ternyata eh ternyata gw sibuk bangeet. Dan sampe sekarang belom bikin juga dong. Ditambah pencernaan gw yang kagag enak jadi makin mundur lagi deh bikim si ramen ini.

Tapi, tadi gw uda niatin banget bikin mie nya duluan. Iya, cuman bikin mienya aja terus gw rebus dan disimpen deh di kulkas. Nah besok mo dimasak apa, gw juga belom tau. Tadi sempet ngubek-ngubek blognya mbak-mbak kece, ada dua resep ramen yang pengen gw bikin. Yang satu ramen versi korea yang pake pasta cabe khas korea, dan satu lagi vegetarian ramen dari jepang yang nemu di blognya mbak cantik asli jepang sana.

Dan kali ini, gw cuman bikin mienya dulu ya.

Homemade mie Resep mba puji hamzahGw recook

Oops! Ang larawang ito ay hindi sumusunod sa aming mga alituntunin sa nilalaman. Upang magpatuloy sa pag-publish, subukan itong alisin o mag-upload ng bago.

Homemade mie
Resep mba puji hamzah
Gw recook

Bahan:
1 cup terigu protein tinggi
1 sdm tepung sagu, gw pake tapioka
2 sdt garam
1 butir telur
Air secukupnya (kurang lebih 50ml)

Cara membuat:
Campur terigu, tepung tapioka dan garam. Aduk rata.
Buat bulatan ditengah dan masukkan telur sambil dituangi air. Dan uleni sampai kalis.
Tipiskan adonan sampai dirasa cukup ketebalannya. Taburi terigu dan rapikan pinggirannya. Lipat jadi tiga potong-potong menggunakan pisau. Setelah dipotong, taburi terigu. Dan mie siap digunakan.

Note:
- seperti pada resep kue molen kemaren atau resep-resep yang memakai tehnik pengulenan adonan, jangan langsung memasukkan air sekaligus. Lakukan secara bertahap sampai dirasa cukup. Dan hentikan pemakain air meskipun masih tersisa airnya.
-pembuatan mie kali ini, gw beneran gag pakai noodle maker ya. Jadi gw ngandelin insting aja biat ketebalan mie nya. Gw bagi adonan menjadi 4 dan gw giling secara bertahap.
-dan mie ini bisa disimpan dikulkas dengan cara direbus terlebih dahulu. Caranya: didihkan air dan tambah dengan minyak goreng dan sedikit garam. Matikan api dan cuci mie dengan air matang. Lalu tiriskan. Biarkan sampai benar-benar tiris ya. Lalu bisa disimpan di wadah kedap udara atau plastik zipplock.

Dan selamat mencoba.
Ndud
Hong kong, 25 april 2017

Cooking with loveTahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon