20. jenang susum/ bubur sumsum

1.9K 48 8
                                    

Haloo selamat malam manteman

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Haloo selamat malam manteman.
Uda berapa hari gag update nih. Disini mulai gag enak banget cuacanya. Dari kemaren sampai hari ini hujan deres, sampai level yellow rain pula. Belom lagi thypon level 8, bikin ngeri deh.

Tapi Alhamdulillahnya sekarang hujannya sudah balik normal lagi dan uda gag thypon juga.

Tadi siang aku bikin jenang susum dong. Duh, ngerasain badan pegel-pegel semua. Jadi keingat pas kalo abis rewang ditempat orang nikahan gitu kan selalu dibikinin jenang susum kalo sudah selesai. Katanya biar capeknya hilang, ini sih mitos ya, tapi emang seringnya kejadian gitu.

Nah, jadi berbekal pengalaman rewang akhirnya tadi langsung bikin deh. Aku sih suka jenang susum yang dingin ya, jadi tambah nikmat aja. Apalagi posisiku disini, gag bisa yang kalau pengen apa-apa tinggal beli. Dan mau gag mau harus bikin sendiri deh.

Bikin jenang susum tuh sebenarnya gampang pake banget. Tinggal direbusin santan terus dimasukin tepung beras. Tapi takarannya kudu pas juga kan ya. Kali ini aku pakai resepnya mba diah didi lagi. Kalau kalian perhatikan, sebenarnya jenang susum sama adonan nagasari itu sama loh, cuman beda di takaran santan aja dan proses setelahnya. Dan aku hari sabtu kemaren juga bikin nagasari dong. Aku suka banget sama jajanan traditional, mulai dari bahan dan cara membuatnya gag bisa diskip pokoknya.

Dan ini dia resepnya.

Jenang susum/ bubur sumsum
Resep mba diah didi
Aku recook

Bahan:
100 gram tepung beras
650 ml santan dari 1/2 butir kelapa, aku pakai instan
1/2 sdt garam
2 lembar daun pandan, sobek-sobek

Saus gula merah

Bahan:
200 gram gula merah
300 ml air, (aslinya 200 ml)
2 lembar daun pandan
Sejumput garam

Cara membuat:
Jenang:
1. Campur tepung beras dengan sebagian santan, aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil. Sisihkan.
2. Disihkan sisa santan dengan daun pandan dan garam. Masak sampai mendidih sambil diaduk rata.
3. Masukkan larutan tepung beras+santan ke dalam rebusan santan, masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus sampai meletup-letup dan jenang susum sudah tidah berasa tepung. Matikan api dan siap disajikan dengan saus gula merah.

4. Saus gula merah:
Campur semua bahan jadi satu dan rebus sampai mendidih dan gula larut. Saus gula merah siap disajikan sebagai pendamping jenang susum.

Gampang banget kan bikinnya. Porsi ini hanya cukup untuk 2 orang ya. Jadi kalau kalian mau masak buat keluarga, tinggal dikalikan aja resepnya.

Selamat mencoba.
Ndud
Hong kong, 13 juni 2017

All about cemal cemilTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang