(4)

4.4K 583 29
                                    

Besoknya Mas Fatih ngajak gue untuk pulang ke rumah dan gue nurut, soalnya Mas Fatih bener, gak ada gunanya lari dari masalah, karena kalau gue lari masalahnya gak akan pernah selesai, hadapin adalah pilihan yang paling tepat.

"Mas" gue manggil Mas Fatih yang berdiri didepan gue waktu kita masih di ambang pintu rumah, gue sama sekali gak bisa nutupin rasa gugup dan khawatir gue kalau ketemu Bunda dan gue yakin Mas Fatih juga tahu rasa takut gue sekarang.

"Gak papa, Mas juga disini" ucap Mas Fatih ngeyakinin sambil nepuk pelan punggung tangan gue.

Gue cuma narik nafas panjang sebelum masuk mengikuti langkah Mas Fatih di depan, kami masuk dan keadaan rumah cukup sepi, gak ada suara toa Bunda yang selalu mendominasi apalagi sapaan ramah Kak Kira yang selalu setia nyambut gue atau Mas Fatih pulang.

Melihat keadaan rumah yang cukup sepi, Mas Fatih langsung melangkah naik menuju kamar Bunda, dan gue lagi-lagi cuma bisa ngikutin.

"Bunda kira kamu mau ikut Aiza keluar dari rumah Mas?" tiba-tiba aja Bunda udah ada dibelakang kami berdua dan ucapan Bunda bener-bener ngebuat gue gak tahu harus bereaksi gimana, dari kata-katanya udah jelas kalau Bunda masih marah tanpa harus gue sama Mas Fatih tanya dan gue sama sekali gak berani natap Bunda dalam situasi kaya gini.

"Bun, kita bisa omongin ini baik-baik" Mas Fatih masih mencoba ngebujuk Bunda.

"Bunda tetap dengan keputusan Bunda Mas, kalau kamu mau ikut Aiza keluar juga silakan, Bunda gak bisa ngelarang"

Mendengar ucapan Bunda barusan gue bener-bener ngerasa bersalah sama Mas Fatih, gue gak mau cuma gara-gara ngebelain gue Mas Fatih sampe berantem sama Bunda, gue harus sadar diri, gue gak bisa egois demi nyari kebahagian gue sendiri tanpa mikirin pendapat orang yang selama ini udah ngerawat dan ngebesarin gue sampai sekarang.

"Bunda" ucap gue memberanikan diri mendekat dan ngeraih tangan Bunda.

"Aiza minta maaf Bun tapi jangan libatin Mas Fatih lagi karena kesalahan Aiza, Aiza mohon" dan Bunda sama sekali gak ngerespon omongan gue.

Gue yang gak dapet respon dari Bunda tanpa sadar juga mulai netesin air mata, gimanapun dan apapun sikap Bunda ke gue selama ini, gue tetep gak bisa ngilangin kenyataan kalau dia adalah sosok Ibu yang paling berarti dalam hidup gue,

Gue yang berlinangan air mata duduk bersimpuh didepan Bunda dengan harapan Bunda mau maafin gue, gak ada yang lebih penting dalam hidup gue sekarang ini selain ngedapetin maaf dari Bunda, gue rela ngelepasin cinta gue asalnya Bunda bisa bahagia dan mau nerima gue.

"Bunda, Aiza gak akan nikah sama Kak Adit, Bunda harus percaya sama Aiza jadi tolong maafin Aiza Bunda"

"Aiza, kamu ngomong apa?" Mas Fatih sama sekali gak bisa nutupin keterkejutannya dengan ucapan gue barusan.

"Biarin Aiza nyelesain masalah ini dengan cara Aiza sendiri Mas, udah cukup Mas ngebelain Aiza selama ini, kalau memang dengan nolak lamaran Kak Adit bisa ngebuat Bunda maafin Aiza? Aiza rela"

Setelah gue ngomong gitu, gue ngerasa ada yang ngelus punggung gue dan sedetik kemudian gue tahu kalau yang ngelus punggung gue itu Bunda.

"Bunda seneng kalau kamu punya pemikiran kaya gitu, yaudah kalian masuk ke kamar istirahat, Bunda siapin makan malemnya." ucap Bunda dan ninggalin gue sama Mas Fatih yang masih terpaku ditempat.

"Dek, kamu mikir apa? sampai kapan kamu mau nurutin semua mau Bunda? Kamu juga berhak bahagia Dek" Mas Fatih masih gak habis fikir sama jalan pikiran gue.

"Aiza gak akan pernah bisa bahagia tanpa restu Bunda Mas"

"Tapi itu gak bisa jadi alasan Dek, gak semua yang Bunda mau harus kita turutin, ini hidup kamu dan Mas gak mau kamu ngorbanin kebahagiaan kamu gitu aja"

"Tapi Aiza juga gak bisa ngebuat Mas terus ikut terpuruk dengan masalah Aiza"

"Kamu itu Adeknya Mas, jadi wajar Mas mau kamu bahagia, kebahagian adik-adiknya Mas itu penting untuk Mas"

"Itu juga yang Aiza mau, Aiza mau Mas dan keluarga kita itu bahagia, ngorbanin kebahagian satu orang lebih baik dari pada Aiza harus ngorbanin kebahagian keluarga Aiza."

"Mas, Aiza juga mau Mas bahagia, gak cuma kebahagian Aiza yang penting tapi kebahagian Mas juga" lirih gue ke Mas Fatih.

Mas Fatih beranjak dan ngedekap tubuh gue, gue tahu Mas Fatih masih gak setuju dengan keputusan gue barusan tapi gue gak punya pilihan lain, terlalu banyak kebahagian orang lain yang harus gue korbanin untuk ngewujutin satu kebahagiaan gue

Gue cuma berserah sama takdir, jodoh gak akan tertukar bukan? Kalau memang gue ditakdirkan untuk ngabisin masa tua gue bareng Kak Adit, gue yakin pasti akan ada jalannya dan kalaupun pada akhirnya takdir gak berpihak pada gue dan Kak Adit, gue juga percaya kalau masih ada seseorang lain yang lebih berharga hadir dihidup gue nantinya.

"Karena yang memang untukmu akan datang meski tak kau jemput, dan yang bukan untukmu akan pergi tanpa kau minta" itu kata-kata pernah gue dapet dari status facebook salah satu temen gue.

"Mas, pilihan Aiza gak salah kan? Aiza pasti bisa ngelepasin Kak Adit, iya kan Mas?" tanya gue terisak didalam pelukan Mas Raka.

"Aiza gadis baik dan Mas yakin Allah juga udah nyiapin jodoh terbaik untuk Aiza" Mas Fatih ngapus air mata gue setelahnya ngebantu gue untuk bangkit dan ngebawa gue masuk ke kamar.

"Sekarang Aiza istirahat, Mas gak mau Aiza jatuh sakit" dan gue cuma tersenyum tipis ke arah Mas Fatih yang berlalu keluar kamar gue.

Bunyi pintu kamar gue yang ditutup Mas Fatih ngebuat gue beralih dengan handphone gue yang dari tadi memang gak berhenti bergetar, gue natap layar handphone gue dan terpampang beberapa chat dari Uty sama Icha, selebihnya semua notif dan panggilan masuk dari Kak Adit.

Ngebayangin keputusan gue yang udah milih untuk ngelepasin rasa cinta gue ke Kak Adit ngebuat dada gue kembali terisak, sanggupkah gue ngelapasin sosok lelaki yang udah hadir bertahun-tahun dihati gue? Walaupun gue udah milih tapi gue tahu ini gak akan mudah.

Takdir cinta gue bener-bener miris, gue terpaksa ngerelain rasa cinta gue yang masih diawal pengakuan, gue bahkan belum sempet ngelakuin apa-apa bareng Kak Adit selayaknya pasangan lain.

Mencoba mikir panjang, pada akhirnya gue ngabain semua chat dan panggilan masuk dari Kak Adit, gue butuh waktu untuk nenangin diri gue, gue butuh waktu untuk nerima keadaan sekarang yang udah terlanjur runyam kaya gini, gue belum sanggup kalau harus ngadepin Kak Adit yang malah berakibat gue berubah pikiran dan gak akan bisa ngelepasin Kak Adit nantinya, gue cuma bisa berharap setelah hari berganti, akan ada kebahagian lain yang hadir dihidup gue, kebahagiaan untuk seorang Aiza.

2 HEARTS (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang