al kahfi

810 28 0
                                    

*HARUSKAH MEMBACA SURAT AL-KAHFI DI HARI JUM'AT❓*

👆🏻Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, Rasulullah bersabda:  *"Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi,* *maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca* *keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,”* (HR Ahmad).

👉🏻Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam Bersabda:  *"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi *pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya."* (HR-Dailami).

*✍🏻Rasulullah telah memerintahkan untuk membaca awal-awal surat Al Kahfi agar terlindung dari fitnah Dajjal. Dalam riwayat lain disebutkan akhir-akhir surat Al Kahfi yang dibaca. Intinya, surat Al Kahfi yang dibaca bisa awal atau akhir surat. Dan yang lebih sempurna adalah menghafal seluruh ayat dari surat tersebut.*

📖Dari Abu Darda’, Nabi  bersabda:  *"Barang siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al* *Kahfi, maka ia akan* *terlindungi dari (fitnah) Dajjal,”* (HR. Muslim).
Imam Nawawi ra berkata, “(Kenapa yang dianjurkan untuk dibaca adalah surat Al Kahfi?) Karena di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana pula dalam akhir-akhir ayat surat tersebut.

📚Allah berfirman: *"Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat)* *mengambil (hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?)"* (QS. Al Kahfi: 102)” (Syarh Shahih Muslim, 6: 93).
Dan di antara waktu yang terbaik untuk membaca surat Al Kahfi adalah di hari Jum’at.

*Kapan Membacanya❓*

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

*🤝🏻Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.*

Imam Al-Syafi'i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum'at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi'i: 1/237).

Mengenai hal ini, al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullaah mengungkapkan dalam Amali-nya: Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” temasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya, “malam” adalah malam jum’at dan siangnya. (Lihat: Faidh al-Qadir: 6/199).

DR Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnahmenyebutkan bahwadi antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat al-Kahfi berdasarkan hadits di atas. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah, hal 241

Motivation Of IslamicTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang