Barat

42 9 3
                                    

Barat merupakan salah satu arah mata angin yang berada di sebelah kiri jika kita menghadap utara dan di sebelah kanan jika kita menghadap selatan. Pada peta, barat berada di sebelah kiri.

Barat adalah posisi terbenamnya matahari pertanda malam mulai tiba; posisi terbenamnya bulan pertanda pagi mulai tiba. Rentang waktu dari terbenamnya matahari hingga terbenamnya bulan dapat diisi dengan salat Magrib, salat Isya, istirahat (tidur), salat malam, salat Subuh, atau ibadah lainnya.

Barat adalah posisi terbitnya matahari sebagai bagian dari tanda-tanda besar Kiamat. Adakah yang pernah memastikan bahwa matahari masih terbit dari arah timur dan merasa lega karenanya? Ketika matahari sudah terbit dari barat maka tidak berguna lagi iman--dari orang yang belum beriman--dan tobatnya seseorang.

"Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya. Apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka mereka akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelum itu." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. Dan riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Ibn Majah).

Barat sebagai budaya. Budaya barat adalah budaya yang tidak bisa kita hirup begitu saja tanpa saringan. Penyaringnya adalah ilmu (pemahaman) agama. Menghirup tanpa ilmu dapat membuat kita terjatuh pada kemaksiatan yang melenakan jiwa. Contohnya musik barat. Kita layak waspada terhadap lirik lagu yang bisa saja memuat kemaksiatan, seperti "Despacito". Contoh lainnya adalah gaya hidup bebas yang tidak pantas ditiru. Tentunya budaya barat juga ada yang baik untuk kita contoh, seperti kedisiplinan dan kemandirian. Kita hanya butuh memilah-milah, mana yang baik untuk ditiru, mana yang sekadar cukup tahu.

Ada yang mau menambahkan tentang "Barat" ini?

* * Wallahu a'lam * *

BarmoqlarWhere stories live. Discover now