Judul

779 110 96
                                    

Salah satu unsur terpenting dalam sebuah cerita adalah judul. Well, tentu kalian sudah tau kan apa yang dimaksud judul?

Tapi mungkin kalian bertanya-tanya gimana cara bikin judul yang baik. Gimana sih bikin judul biar menarik?

Pertama kita harus lihat dulu. Judul yang baik itu kayak gimana sih?

Judul yang baik adalah judul yang merangkum seluruh isi cerita dengan baik.

Jujur menurutku contoh judul Raina-Ganesha (Lembar-Lembar Soal) bukan judul yang baik ahaha ngasal aja biar gampang nyebutnya lol. Judul yang lebih baik itu yang bisa menjelaskan isi bukunya, yang bikin orang kayak, "Ohhhh ini toh maksud judulnyaaaaa." Lembar-Lembar soal menurutku nggak cocok.

Punya ide nggak buat judulnya? Komen di sini yuk!

Contoh yang menurutku baik adalah Reminiscing Thomas (not a promo but kalau mau baca silakan ahaha). Reminiscing artinya mengenang. Thomas nama orang. Jadi Reminiscing Thomas adalah tentang orang yang sedang mengenang Thomas.

Judul itu banyak macamnya.

1. Dari nama tokoh.

Sebut saya Dilan, terus Vio, lalu judul-judul cerita Wattpad yang Tokoh Cowok dan Tokoh Cewek. Contoh cerita kita bisa jadi Raina dan Ganesha kalau mau.

Atau bisa dipadukan dengan kata lain, misal Reminiscing Thomas dan contoh lain. (Aku mau nyebut judul jadi berasa promosi._.)

2. Dari benda unik di cerita itu.

Misal seperti Micro Ring yang merupakan cincin penting di ceritanya. Bisa dipadukan dengan cara satu, jadi misal Catatan Jo.

Atau misal kalau dari contoh cerita kita, Lembar-Lembar Soal. Iya ini judulnya aneh tapi kan ini benda penting gitu loh kek kita pasti belajar sbm gitu pake beberapa lembar soal kan.

3. Dari inti ceritanya.

Ini semacam ... gimana yak. Jadi kayak Mudik-ers yang tentang orang mudik. Kalau contoh cerita kita, mungkin jadi Perjuangan Calon Mahasiswi gitu-gitu deh.

Seingetku dulu ada empat cara cari judul tapi aku lupa wkwk. Kira-kira sih itu ya. Mungkin bisa ditambahin tahun, tanggal, atau tempat, bahkan suasana.

Nah pemilihan diksi juga penting. Misal nih mengingat Thomas, kan bisa aja judulnya Remembering Thomas. Cuma ngerasa ga sih kalau kayak kurang gimana gitu. Ya kalau pengin pakai bahasa inggris, kalian bisa buka google translate terus cari kata kalian, terjemahkan, dan cari similar words di bawahnya itu, siapa tau ada yang sreg. Kalau di indonesia sih mungkin bisa cari di tesaurus(?) atau di internet gitu sinonim kata tersebut.

Tapi ingat, biarpun diksinya udah kece, judul terbaik adalah yang paling menggambarkan isi ceritamu. Kalau nggak sesuai juga sama aja bohong sih.

Tapi menurutku cari yang unik juga sih. Kayak dulu pernah deh kalau nggak salah, dua buku (entah penerbitnya sama atau enggak) dengan judul sama persis. Yaaa nggak ada salahnya sih tapi kan nggak unik gitu lho(?). The Real Deal nggak unik sih :v tapi sebenarnya yang kumaksud adalah kayak judul My (isi pekerjaan/status di sini) is My Husband atau My (isi kata sifat, kalau bisa yang bikin baper gitu kayak posesif atau dingin) Badboy/CEO gitu-gitu lah. Paham lah ya.

Nggak melarang sih. Cuma kalau buatku itu judulnya kurang ugh(?) gitu(?).

Ya bebas sih. Ahaha.

Komen di sini deh, judul yang paling kalian suka dari semua judul yang pernah kalian pikirkan (baik yg wujud ceritanya ada ataupun engga) itu apa?

Aku sih Reminiscing Thomas dan Yesterday We Didn't Die (this is gonna be fun tho cuma belum dikembangin wkwk).

Here and NowWhere stories live. Discover now