Untuk kamu yang menyimpan dendam

246 7 0
                                    

Untuk kamu yang menyimpan dendam, sakit hati, benci, dan perasaan negatif lainnya di dalam diri kamu.

Perasaan itu hanya sementara, tetapi kita mempunyai pilihan untuk tetap menjaganya atau melepaskannya.

Seperti contohnya:
Ketika kita merasa sakit hati, kita merasa dendam, kita merasa kesal tetapi jika kita terus menerus fokus terhadap apa yang ia lakukan terhadap kita, kita yang akan terus menerus merasakan rasa sakit itu sementara dia? Ia tetap dengan bebas bersenang-senang dengan hidupnya bahkan mungkin ia sudah lupa atau tidak peduli tentang apa yang telah ia lakukan kepadamu.

Tidak, aku tidak mengajarkan untuk membuat hidupnya menderita, melainkan berhenti membuat dirimu menderita dengan segala perasaan benci, sakit hati, marah, dendam yang kamu pendam padanya. Kamu mungkin tidak sadar ini, tapi percayalah dengan terus menerus mengingat apa yang telah ia lakukan kepadamu, itu hanya akan menyakiti dirimu sendiri. Kamu akan selalu ingat akan rasa sakit yang kamu rasakan ketika peristiwa itu terjadi. Itu hanya akan menyisakan luka batin.

Jadi, lepaskan lah.. biarkan semua itu berlalu seiring berjalannya waktu. Anggap itu sebagai pelajaran untuk kedepannya agar kamu tidak akan merasakan hal yang sama berulang kali. Jangan biarkan ia menyakitimu lagi, karena kamu berhak untuk bahagia. Jalani hidup kamu dengan bahagia, buat diri kamu bahagia tanpa rasa sakit dan dendam di dalam hati jadi kamu akan merasa tenang. Sehingga ketika kamu teringat kejadian itu, kamu tidak akan merasa sakit lagi.

Aku tau itu memang terdengar tidak adil bagimu, kamu merasakan sakit sementara ia bersenang-senang. Rasanya ingin sekali membalas apa yang ia perbuat kepadamu sehingga ia dapat merasakan rasa sakit yang sama atau bahkan lebih parah dari kamu. Tetapi bukankah itu hanya akan membuat kamu sama dengannya? Menyimpan perasaan negatif dalam diri kita hanya akan menyakiti diri kita. Cintai dirimu, fokus pada apa yang membuatmu bahagia bukan pada apa yang membuatnya terluka.
Dengan begitu, kamu akan bahagia.

Sebuah Perjalananحيث تعيش القصص. اكتشف الآن