Hikmah

1.8K 56 0
                                    

بسم الله الر حمن الر حيم

"فَاصبِرْ كمَا صَبَرَ أُولُو العَـزمِ مِنَ الرُّسُلِ"

"Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran rasul-rasul yang memiliki keteguhan hati" (Q.S Al ahqaf/46:35)

Jika memiliki kesulitan cobalah untuk selalu bersabar dan tawakal,yakinkan semua serahkan semua kepada Allah,jangan pernah lari dari masalah!,Allah tau yang mana yang baik untuk kita.
Pernah mendengar kisah nabi Isa A.s?.
Banyak hal yang menunjukan Isa memiliki kesabaran dan keteguhan dalam menyampaikan ajaran Allah. Terutama ketika Isa sabar menerima cobaan sebagai seorang yang miskin,pengkhianatan seorang muridnya, Yudas Iskariot,mengahadapi fitnah,penolakan dan hendak diusir dan dibunuh oleh kaum Bani Israil. Kehidupan Isa menggambarkan kezuhudan(menjadikan dunia digenggamannya buka dihatinya)dan ketaatan dalam beribadah.
"Isa menemui kaumnya dengan memakai pakaian dari wol,ia keluar dalam keadaan tidak beralas kaki sambil menangis serta wajahnya tampak pucat karena kelaparan dan bibirnya tampak kering karena kehausan. Isa berkata,"salam kepada kalian wahai Bani Israil. Aku adalah seseorang yang meletakan dunia ditempatnya sesuai dengan izin Allah,tanpa bermaksud membanggakan diri. Apakah kalian mengetahui di mana rumahku?" mereka menjawab:"Di mana rumahmu wahai rasullah?" Isa menjawab:"Rumahku adalah tempat ibadah,wewaingianku adalah air,makananku adalah rasa lapar,pelitaku adalah bulan di waktu malam dan salatku di waktu musim dingin di saat matahari terletak di timur,bungaku adalah tanaman-tanaman bumi,pakaianku terbuat dari wol,syiarku adalah takut kepada Tuhan yang maha mulia,teman-temanku adalah orang-orang fakir,orang-orang yang sakit dan orang-orang yang miskin. Aku memasuki waktu pagi dan aku tidak mendapati sesuatu pun di rumahku begitu juga aku memasuki waktu sore dan aku tidak menemukan sesuatu pun di rumahku,masyallah bersyukurlah kita yang sekarang ini serba ada jika kita membutuhkan sesuatu kita tinggal beli,jika lapar tinggal makan,jika haus tinggal minum,nikmat yang mana lagi yang engkau dustakan?'fabiayyi ala irabbiku ma tukadziban'. Aku adalah seseorang yang jiwanya bersih dan tidak tercemar. Maka siapakah yang lebih kaya dari pada aku.
"(Ingatlah),ketika Allah berfirman, 'wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku,serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir,dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kimat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali,lalu Aku beri keputusan tentang apa yan kamu perselisihkan. 'Maka adapun orang-orang yang kafir,maka akan Aku azab mereka dengan azab yang sangat keras di dunia dan di akhirat. Sesang mereka tidak memperoleh penolong. Dan apapun orang yang beriman dan melakukan kabajikan,maka Dia akan memberikan pahala kepada mereka dengan sempurna. Dan Allah tidak menyukai orang zalim. Demikialah Kami bacakan kepadamu(Muhammad) sebagian ayat-ayat dan peringtan yang penuh hikmah. Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa bagu Allah,seperti (penciptaan)Adam. Dia menciptakannya dari tanah,kamudian Dia berkata kepadanya," jadilah" maka jadilah sesuatu itu.(Q.S Ali-Imran[3]:55-59)

Yang sanjutnya sabar soal cinta,iya cinta,cinta memang butuh sebuah pengorbanan yang cukup besar,pengorbanan waktu,pikiran. Itu membuat kita selalu lelah terhadap cinta,apalagi cinta yang tak tau salah atau benarnya,yang benar jangan kau buang  waktu dan pikiran untuk sebuah cinta yan tak jelas,yang bukan karena Allah,janji cinta Allah tidak akan pernah ingkar,janji manusia terkadang sering mengingkarinya. Lebih baik bersabar dan menunggu cinta yang telah Allah siapkan untuk kita.

Wassalamualaikum.


🌸Barakallah🌸
Jazza kumullah khair

Quotes MuslimahWhere stories live. Discover now