Ciri-ciri Makhluk Hidup

621 21 0
                                    

Suatu makhluk bisa dikatakan hidup jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Bernafas
Terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida, menggunakan sistem respirasi. Pada manusia misalnya. Manusia bernafas menggunakan hidung atau mulut, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, alveolus dan paru-paru. Hewan pun bernafas dan memiliki alat pernafasannya masing-masing. Begitu juga dengan tumbuhan.

2. Memerlukan makanan atau nutrisi
Makhluk hidup terbagi atas tiga berdasarkan makanannya; yaitu karnivora (pemakan daging), herbivora (pemakan tumbuhan atau serat tumbuhan), dan omnivora (pemakan segala). Hewan herbivora memiliki ukuran usus lebih panjang daripada hewan karnivora, hal ini dikarenakan ia harus menyerap selulosa.

3. Mengeluarkan zat sisa
Setiap makhluk hidup pasti mengeluarkan zat sisa. Misalnya pada manusia. Manusia mengeluarkan urine (air kencing) dan feses (zat sisa berbentuk padat) setiap harinya. Zat sisa tersebut merupakan zat yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh dan harus dikeluarkan.

4. Tumbuh dan berkembang
Setiap makhluk hidup pasti tumbuh dan berkembang, baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Awalnya kecil kemudian membesar. Awalnya muda kemudian menua. Bisa kita amati dalam pertambahan tinggi, peningkatan berat badan, dll.

5. Bereproduksi
Hewan terbagi atas tiga jenis yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ovipar adalah hewan yang bertelur, contohnya ayam. Vivipar adalah hewan yang melahirkan, contohnya kambing. Ovovivipar adalah hewan yang bertelur sekaligus melahirkan, contohnya platypus.

Cara bereproduksi pada makhluk hidup terbagi atas dua, yaitu generatif dan vegetatif. Secara generatif yaitu terjadi pertemuan antara sel ovum dengan sel sperma yang menghasilkan zigot, contohnya pada manusia. Sedangkan secara vegetatif tidak terjadi pertemuan antara sel ovum dengan sel sperma, contohnya pertunasan dari tanaman pisang.
Tujuan dari bereproduksi agar dapat meneruskan keturunan agar tidak punah.

6. Iritabilitas (peka terhadap rangsang)
Bisa kita amati pada manusia ketika terkena benturan pasti membiru dan mengeluh sakit. Bisa kita amati juga pada tumbuhan putri malu yang menguncup ketika disentuh. Hal ini disebabkan karena makhluk hidup peka terhadap rangsangan.

7. Bergerak
Manusia dapat bergerak kemana yang ia tuju. Hewan dapat bergerak, misalnya saat seekor harimau mencari mangsa. Tumbuhan pun dapat bergerak, walaupun cara bergeraknya terbatas. Misalnya daun pohon mangga dapat bergerak karena tertiup angin.

Biologi Umum (SD, SMP, SMA, kuliah)Where stories live. Discover now