Jakarta, 2025

5 0 0
                                    

Kekeringan Melanda Jakarta, Persediaan Air Menipis

A-news.com- 25/02/2025- Ranu Wijaya

Jakarta, A-news.com-Kekeringan yang melanda indonesia sejak 6 tahun lalu menyebabkan persediaan air di ibukota menjadi semakin menipis. Persediaan air mulai dibawa dari luar kota terutama berasal dari pegunungan di sekitar Jawa Barat. Langkah ini dilakukan untuk menjaga aktivitas di Jakarta sebelum terjadinya perpindahan ibukota ke Pontianak. 

Pemerintah telah memberikan instruksi kepada pegawainya untuk mempersiapkan perpindahan ini sejak 3 bulan yang lalu. Diharapkan dengan perpindahan ini, kelangkaan air di Jakarta menjadi terkendali. 

Sejak pengumuman perpindahan ibukota ke pontianak pada tahun 2022, populasi di Jakarta mulai menurun hingga tersisa 70% dari populasi total yang sebelumnya mencapai 11,6 Juta jiwa. Ini disebabkan adanya perpindahan pusat-pusat bisnis ke kota lain, terutama kota Bandung. 

Menurut Dany, Gubernur Jakarta menyatakan bahwa seluruh opsi akan dicoba, salah satunya dengan mengirimkan air bersih dari luar ke dalam Jakarta, selain itu opsi air laut sebagai air minum dengan alat konversi yang telah didatangkan dari Jerman sebanyak 14 unit sedang dirakit dan akan dioperasikan secepatnya. 

Permasalahan kekeringan ini, tidak hanya memengaruhi pasokan air, tanah yang kering menyebabkan beberapa jalan ambles, karena kurangnya kelembapan. Hal ini dijelaskan oleh dosen Kebumian dari Universitas Kebangsaan. Dari penelitian yang mereka lakukan, kadar air di dalam tanah semakin berkurang, sehingga air yang berperan untuk mengikat tanah menjadikan strukturnya rapuh. 

FORBIDDEN ZONEWhere stories live. Discover now