Kesebelas

3.3K 416 23
                                    

Pagi Senin — gue dan Jinyoung berangkat buru-buru dianter sama mas Jaehwan. Bukan karena telat, tapi mas Jaehwan harus pergi keluar kota setengah jam lagi. Belum persiapan di kantor nya, jadi mas Jaehwan maksa biar gue dan Jinyoung berangkat lebih pagi dari biasanya.

Sampai di depan gerbang sekolah, gue pun turun di susul Jinyoung. Mobil mas Jaehwan udah melaju begitu aja setelah Jinyoung menutup pintu mobil.

"Duh kebiasaan," Ungkap gue menggeleng kan kepala, melihat mas Jaehwan yang suka bawa mobil diatas kecepatan rata-rata membuat gue khawatir.

Tak ambil pusing, gue pun berjalan beriringan bersama Jinyoung, dan itu mengundang beberapa pasang mata yang ngeliat aneh kearah gue.

"Duluan ya kak," Pamit Jinyoung saat di koridor kelas sepuluh. Mungkin dia mau lewat taman belakang biar gue ga jadi bahan perhatian.

"Oh iya, semangat belajar nya."

Jinyoung kemudian lari setelah mendengar teriakan Jihoon yang sedang duduk di teras kelas sepuluh.

Ngapain juga Jihoon nongkrong disitu?

Gue mempercepat langkah kaki, sampai dikantor gue menemukan pak Kenta yang sibuk nyari sesuatu di laci meja nya.

"Nyari apa pak?" Tanya gue penasaran, dari raut wajah nya terlihat jelas kalau dia masih belum nemu barang yang dia cari.

"Nyari flashdisk bu, yang warna item itu loh, tau ngga?" Pak Kenta masih fokus ngeliatin laci.

"Flashdisk yang item? wah saya ga tau pak," Jawab gue.

Gue terus memperhatikan gelagat pak Kenta yang frustasi bukan main. Semacam takut akan sesuatu.

"Ketinggalan dirumah mungkin pak,"

Pak Kenta segera menggeleng, gue pun semakin dibuat bingung. Memang isi flashdisk nya penting banget apa ya.

"Engga, pas hari Jum'at ketinggalan. Saya lupa bawa pulang."

Lalu obrolan gue sama pak Kenta berakhir karena bel masuk berbunyi. Gue pun segera pergi ke halaman menyusul yang lain, di ikuti pak Kenta yang bergerak lamban tidak seperti biasanya.

Upacara berjalan dengan lancar, dengan pak Seongwoo sebagai pembina dan anak XI IPA 2 sebagai petugas upacara. Seperti upacara-upacara sebelum nya, pasti akan ada komentar dari kepala sekolah.

Dan yang mengejutkan lagi adalah, saat pak Minhyun bilang dia menemukan flashdisk yang isi nya sesuatu yang tidak pantas untuk di tonton.

Gue pun mengernyit kan dahi heran, seperti biasa pak Minhyun selalu berbicara dengan tidak manusiawi. Perkataan nya selalu menusuk, meskipun memang tidak ditunjukkan kepada orang nya secara langsung.

"Guru nya saja begitu, bagaimana murid nya?
Setelah ini, saya meminta pembina Osis dan semua guru merazia ponsel siswa" Pak Minhyun mengakhiri celotehan nya.

Sekarang gue tahu siapa yang disindir oleh pak Minhyun. Itu pasti pasti Kenta. Gue jadi merasa kasihan pada pak Kenta, meskipun pak Kenta memang salah. Tapi kan, seharusnya pak Minhyun tidak menyindir pak Kenta seperti tadi.

Semua bubar, beberapa siswa kaget dengan ucapan pak Minhyun beberapa menit yang lalu. Guru-guru berunding sebentar di halaman untuk pembagian tugas. Dan gue kedapatan tugas di kelas XI IPS 3 sampai XI IPS 6 bersama pak Kenta.

Gue juga ga nyangka bisa sama pak Kenta, mungkin udah takdir. Jadilan gue dan pak Kenta misah dari guru yang lain.

"Sabar ya pak, ucapan pak Minhyun ga usah di dengerin," Ucap gue dengan nada berbisik. Pak Kenta hanya tersenyum tipis.

Kami masuk kelas XI IPS 3, lumayan tenang meskipun Guanlin keliatan sibuk ngehapus folder-folder di hp nya.

"Yang membawa hp, harap ditaruh di meja guru. Sekarang juga!" Pak Kenta menginterupsi semua anak-anak.

"Yaampun galeri gue isinya aib semua gimana dong"

"Bu, kok razia nya mendadak gini?"

"Eh Lin cepet dikumpulin, itu di tungguin pak Kenta anjir!"

Kelas jadi ribut begitu aja. Semua sudah kembali ke meja masing-masing, kecuali Guanlin yang baru aja naruh hp nya di meja guru.

"Emang siapa sih pak yang nyimpen hal-hal begituan?" Tanya Guanlin secara to the point ke pak Kenta. Otomatis pak Kenta langsung keliatan gugup, tapi mana mungkin Guanlin tau kan?

"Sudah Lin, kamu ngumpulin hp nya paling lama, harus nya jangan nanya," Ucap gue yang memasukkan satu persatu hp kedalam plastik transparan. Guanlin langsung diem dan segera kembali ke meja nya.

***

Jam belajar  jadi dipotong sekitar dua jam pelajaran, OSIS dan guru sibuk memeriksa hp semua siswa. Kali ini gue bakal pulang malam deh kayaknya.

"Hp yang gue periksa aman-aman aja, eh tapi ada beberapa yang bikin gue kesel" Salah satu anak OSIS mengajak bicara teman nya, kebetulan sebelahan sama gue.

"Apaan?"

"Itu hp nya kakak kelas banyakan video Korea anjir, gue ga sanggup ngecek nya satu persatu, lagian isi nya joget-joget doang"

Gue pun memutar bola mata setelah mendengar jawaban dia. Kalau ga salah dia temen nya Euiwoong deh, tapi gue lupa siapa nama nya.

"Bu Rana, itu si Jinyoung nyariin" Suara pak Daniel mengalihkan atensi gue. Kebetulan gue baru selesai ngecek hp nya Jinyoung.

"Saya permisi dulu ya," Pamit gue. Yang lain keliatan heran. Gue masa bodo dengan itu semua, gue pun menghampiri Jinyoung yang tengah duduk sendirian.

"Young, mau pulang duluan ya?" Tanya gue, Jinyoung menoleh kearah gue. Raut muka nya ga kebaca, keliatan kaya kaget setelah noleh ke arah gue.

Akhirnya gue ikut noleh kebelakang gue, dan gue liat pak Minhyun baru aja melengos pergi dari ruangan nya. Jangan-jangan dia melotot ke Jinyoung lagi, makanya Jinyoung takut?

"Jinyoung main kerumah nya Jihoon dulu kak, gapapa kan?" Jinyoung bersuara pelan. Gue pun mengangguk setuju.

"Iyaa ga papa, eh ini hp kamu, kalau ada apa-apa langsung telepon ya"

"Ini hp aman ya? Yaudah kak pamit ya, Jihoon udah nunggu diparkiran" Jinyoung sedikit terkekeh ketika gue ngasih balik hp nya dia.

"Iya, hati-hati"

Gue balik lagi ke kantor, dan kembali ke pekerjaan yang menurut gue ribet pake banget.

"Bu Rana!"

Ngga nyampe lima menit, pak Daniel masuk lagi dengan tergesa-gesa. Kali ini raut wajah nya keliatan panik.

"Kenapa pak?" Tanya gue

"It--itu Jaehwan kecelakaan"

Gue membelalakkan mata, yang tadi pagi gue khawatirkan kenapa malah kejadian? Gue yang udah pening pun makin pening.

"Ayo bu, pulang aja, ini yang ngecek hp biar yang lain aja!" Pak Daniel panik nya kelewatan, apalagi gue. Gue pun membereskan barang-barang, dan segera menyusul  pak Daniel ke parkiran.

Mas Jaehwan kenapa sih kaya gini...

***

❏Pak Minhyun⚘Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang