Menerbitkan Sendiri

1.7K 106 11
                                    

Apa itu menerbitkan sendiri? Gimana caranya?

Berawal dari seorang pembaca yang kirim DM ke eike soal gimana caranya eike nerbitin buku sendiri, eike mau berbagi tips menerbitkan cerita kita sendiri. Bukan karena eike paling tahu banget yah soal menerbitkan sendiri, tapi karena kebetulan eike pernah dan sedang menerbitkan novel eike sendiri. Tuh si Yemima ...

Oke, menerbitkan sendiri buku kita berarti kita tidak mengikuti seleksi standar ke penerbit-penerbit. Kita menerbitkan, mencetak, dan menjual buku kita sendiri, dengan atau paling banyak, tanpa bantuan dari penerbit.

Tentu ada kekurangan dan kelebihan dari menerbitkan sendiri, tapi eike enggak akan bahas itu terlalu banyak. Cukup poin-poin berikut:

Kelebihan:

1. Enggak usah nunggu lama karena antrian seleksi penerbit

2. Bisa mendapatkan pemasukan utuh, tidak berupa royalti yang paling hanya berkisar 10 - 15% harga buku, belum lagi pajak dan lain sebagainya.

3. Format buku bisa sesuai dengan keinginan, enggak takut dipotong sama editor. Kekekekek ....

Kekurangan:

1. Belum tentu laku banyak.

2. Belum tentu balik modal (pengalaman pribadi ... wkwkwkwk)

3. Capek karena nanganin semua sendiri.

4. Kualitasnya belum tentu baik, apalagi kalau kita tidak mau keluar biaya ekstra untuk editing, layout, dan desain sampul.

Nah ... berikut hal yang diperlukan untuk nerbitin buku sendiri.

Pertama, untuk menerbitkan sendiri kita harus punya cerita. Ya iyalah, kalo gak punya, apaan yang diterbitin? Iye kagak?

Kedua, ceritanya harus udah selesai, jangan masih di tengah-tengah udah mau diterbitin, lah ... Pembaca suruh beli lagi gitu lanjutannya, part berikutnya?

Ketiga, harus punya pembaca, kalo enggak, siapa yang beli. Iya, kan?

Sooo ... Itu tiga hal yang paling penting di awal.

Berikut, apa lagi yang harus kita lakukan untuk nerbitin buku sendiri? Banyak! Eike bukan nakutin atau pengen bikin kalian yang mau nerbitin buku sendiri jadi down karena eike ngomong gini. Kagak! Justru eike lagi sharing kan ini?

Jadi ... Nyimak yah.

Untuk nerbitin buku kita sendiri, emang banyak yang harus kita kerjain, enggak segampang itu Ferguso! Tapi ... bukan enggak mungkin juga untuk dilakukan. Asal kita punya kemauan.

Jujur, eike kaget aja waktu ditanya via DM soal gimana cara nerbitin buku sendiri, karena eike enggak pernah kepikiran untuk nanya begitu ke author lain. Waktu pertama kali eike tahu tentang self publishing atau nerbitin sendiri, adalah waktu Mbak Vita @yavianti nerbitin sendiri novel The Back Up Bride punya desse.

Waktu novel kedua Mbak Vita, Timeless, juga diterbitin, barulah eike mulai penasaran dengan self publishing ini. Kenapa eike enggak ikutan, ya gak?

Sooo ... langkah pertama yang eike ambil adalah .... googling. Bagaimana menerbitkan buku sendiri. Banyak tuh informasi tentang itu di Google. Satu demi satu eike pelajari, dan akhirnya eike milih untuk nerbitin novel My Morning Sunshine dengan dibantu Diandra Creative untuk prosesnya.

Karena waktu itu eike masih belum terlalu banyak tahu, dan enggak enak juga untuk nanya author lain takut ngerepotin mereka, eike pun milih paket berbayar dari Diandra, setidaknya untuk belajar dulu.

Di awal, eike keteteran karena nanganin sendiri untuk penjualan, dan yep, eike kasih harga gitu aja tapi enggak ngitung ongkir. So ... bisa dibilang eike rugi di situ. Cukup banyak, tapi pelajaran yang eike dapet sangat berharga.

Coba kalo eike mikir langsung untuk nanya ke author lain, mungkin kerugian bisa dicegah ya, atau ... bisa juga dicuekkin dan dibilang, siapa lo mau enaknya aja! Wkwkwkwkk ....

Tenang, eike gak akan ngomong itu ke kamu yang udah nanya. Biarpun di awal eike pengen ketawa juga, tapi jadi kepikiran, kenapa enggak? Bagi2 pengetahuan itu kan enggak akan pernah rugi, ya? Malah kita bisa membuat pengetahuan kita berguna bukan cuma buat diri kita sendiri, tapi juga buat yang lain. Betul tidak?

Jadi, karena eike mau berbagi apa yang eike tahu, makanya eike sekalian aja bikin tips di sini, enggak jawab di DM juga supaya yang lain bisa ikutan tahu, enggak cuma kamyuuh ya Cinta 😄.

Oke deh, siap? Buat kalian yang lagi kepengen nerbitin sendiri, silakan buka part berikut ....

Ciao bella!

Winny

Self Publishing (Menerbitkan Buku Sendiri)Where stories live. Discover now