Bersyukur

222 7 0
                                    

"Kau tak pernah benar-benar bersyukur sampai kau bisa mencintai dirimu sendiri"

Aku selalu mensyukuri apa yang telah kudapat setiap harinya, bangun sebelum matahari terbit dan menikmati sejuknya udara pagi, bercengkarama dengan keluarga, menikmati lelucon ayah untuk ibu, menikmati perjalanan ke tempat kerja, serta rejeki yang ku peroleh berapa pun itu, aku berusaha mensyukurinya.

Ada kalanya, hidup jadi tak adil dan rasa kesal akan ketidakmampuan diri itu muncul meyakinkan bahwa aku memang payah.

Pernahkah kau merasa bersalah karena terlambat melakukan sesuatu? Menyesali diri sendiri yang tak mampu membahagiakan orang lain? ataupun merasa bertanggung jawab atas hal buruk yang telah terjadi?

Merasa jalan hidup ini sulit, terjal dan tak adil. Merasa selalu gagal dalam melakukan sesuatu padahal sudah susah payah berlatih dan mencoba.

Kalau "iya", sama, aku pun begitu. Padahal aku sudah bersyukur. Bukankah orang yang bersyukur akan ditambah rejekinya? Apa mungkin hati ini tak terlatih untuk sabar?

Melakukan segala sesuatunya berdasarkan teori saja namun tidak dilandasi dengan keikhlasan. Mengucap "Alhamdulillah" hanya ketika mendapatkan uang, diberi hadiah, ataupun mendapatkan prestasi.

Akhir-akhir ini aku mulai menyadari ada yang lupa ku syukuri selain apa yang telah ku lakukansetiap hari. Jika kau masih merasa tak beruntung dalam hidupmu, mungkin kau belum bersyukur atas hidupmu, cenderung menyalahkan diri dan tak menerima kekurangan diri.

Kita terkadang lupa bahwa hidup ini adalah anugrah yang diberikan oleh Allah kepada kita, kau adalah kau, tak peduli apapun kekuranganmu. Kau adalah ciptaan-Nya yang paling sempurna, kau sama berharganya dengan semua orang yang selama ini kau kagumi, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan apa yang kau ingin dan kau selalu pantas untuk semua mimpi yang kau banggakan itu.

Jangan mengeluh, hidup itu sebuah proses pendewasaan diri. Jangan salahkan dirimu sendiri atas ketidakmampuanmu, benar dan salah itu hanya sebuah sudut pandang. Jalani saja apa yang bisa kau lakukan sekarang, semua akan indah pada waktunya.

KAMU (KATA MOTIVASI UNTUKMU)Where stories live. Discover now