Ikhlas (sadiq)

128 2 0
                                    

Setiap orang pasti mempunyai sisi baik sekeras apapun sifatnya, seburuk apapun masa lalunya pasti ada saja sisi lunak dalam dirinya. Sungguh mengenai hal ini manusia memiliki proporsi yang sama, tergantung kelapangan hati mau nemerima atau malah acuh tak acuh dengan sisi kebaikan itu sendiri. Langkah awal yang mestinya kita ambil harusnya tindakan dengan kata lain perubahan (merubah diri) menjadi lebih baik,kembali ke jalan alloh, menjalankan sunah rasull, bertindak berdasarkan Qur'an dan hadist.

Untuk berubah menjadi baik memang bukan persoalan gampang, dituntut ini itu, ninggalin ini itu dan itu memang harus melalui proses pemaksaan pada diri sendiri (menumbuhkan tekad diri). Tidak bisa dipungkiri memang, untuk bisa menjadi lebih baik harus bisa berlapang dada harus ikhlas meninggalkan apa-apa saja tindakan, kebiasan - kebiasan yang sebelumnya tidak sesuai dengan al-qu'an dan hadist. Bayangkan saja kalau sudah ada niat dari hati ingin berubah namun tidak ikhlas meninggalan kebiasaan yang tidak berlandaskan apapun sungguh itu akan menjadi perubahan agan-angan saja tidak akan berhasil jika terus seperti itu. 

Perlu diketahui kesulitan, keberat hatian, ke ragu-raguan itu adalah sebagian proses yang harus dilawan dengan rasa ikhlas dari dalam hati dan niatkan hanya untuk sang pemilik hati, Insya alloh semua yang berdasarkan rasa ikhlas tidak akan menuai kesia - siaan, namun akan membuahkan hasil yang menakjubkan dimasa depan. Memang tidak mudah untuk memulai, berat mengawali proses dengan meninggakan hal - hal yang  sudah menjadi hobby tapi ingat janji alloh itu pasti "kun fayakun"


Muslimah DiaryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang