Dimensi

1.1K 72 0
                                    

Definisi dan Pengertian Dimensi

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi dimensi adalah ukuran yang diperluas: panjang, luas, tinggi, lebar, dan sebagainya.

Buku Filsafat Kuno
Menurut penjelasan yang ada dalam buku filsafat kuno, dimensi adalah sistem yang mengukur gerak bebas. Sebuah benda yang dikeluarkan pada dimensi nol tidak bisa bergerak sama sekali ke arah manapun, seperti salah satu contohnya adalah titik.

Beberapa Jenis Dimensi

Dimensi Satu

Dimensi satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh objek dimensi satu adalah garis.

Dimensi Dua

Pengertian dimensi dua memiliki dimensi yang memiliki dimensi tak panjang dan panjang. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah Kanan, kiri, atas, dan juga bawah.

Benda-benda dimensi dua juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dua dimensi yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.

Dimensi Tiga

Dimensi tiga dimensi yang memiliki tiga dimensi dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah Kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang.

Benda-benda dimensi tiga juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda tiga dimensi dapat dipenuhi dengan benda - benda tertentu atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dua dimensi yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.

Dimensi Empat

Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli mengakui bahwa dimensi tersebut sangat terkait dengan masalah waktu. Memungkinkan, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.

Sumber:
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-dimensi-dan-beberapa-jenisnya/

FAKTA UNIKTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang