15 Diksi Pertama

21K 798 30
                                    

Sumber : google.com

1. Swastamita
Artinya matahari terbenam, sore hari. Jadi, sudah menemukan alternatif lain dari senja, kan? Namun sayang, kata yang diambil dari Bahasa Sanskerta ini belum masuk ke dalam kata baku di KBBI.

Kalo kalian gak percaya, bisa cek and ricek di buku KBBI kalian, atau buka google dan search KBBI online daring. Atau kalian bisa download apk, KBBI resmi dari pemerintah untuk lengkapnya.

2. Arunika
Berarti fajar, matahari terbit. Jadi kebalikan dari swasmita. Sesuai namanya, arunika juga memiliki makna yang tak kalah cantik. Bisa menjadi referensi pilihan nama anak, kan?

3. Candramawa
Artinya hitam bercampur putih. Dalam KBBI, candramawa diasosiasikan dengan bulu kucing. Meski demikian, juga bisa munggunakan kata ini sebagai kata ganti metamorfosis untuk menggambarkan orang, kebijakan.

4. Kiwari
Artinya modern, kini, kontemporer. Sama seperti swasmita dan arunika, kiwari juga belum menjadi kata baku di KBBI.

5. Senandika
Adalah percakapan tokoh (dalam karya sastra) dengan dirinya sendiri. Namun berbeda dengan monolog, karena senandika tidak disampaikan secara langsung ke penonton. Yakni berbagi macam pikiran tokoh yang biasa di dengar sama oleh seluruh penonton.

6. Nirmala
Artinya tanpa cacat cela, bersih, suci. Nama cantik ini menjadi pilihan untuk menggambarkan karakter seorang gadis yang baik dan suka menolong, dalam sebuah majalah anak-anak. Hmm ... jadi ingin punya nama nirmala.

7. Petrikor
Ialah aroma tanah saat terkena hujan. Siapa yang suka aroma tanah setelah hujan? Ternyata aroma ini juga ada padanannya, meski belum masuk ke dalam daftar KBBI.

8. Semenjana
Yakni menengah, sedang. Bentuk tidak baku dari kata ini adalah menjana. Sering disebut untuk merujuk pada tingkatan atau kasta.

9. Candala
Berarti rendah, hina, nista. Tak semanis bunyinya, candala merupakan kata yang merujuk pada sifat rendah diri.

10. Ketaksaan
Adalah keraguan tentang makna, ambiguitas. Yakni gejala dapat terjadinya tafsiran lebih dari satu. Jadi, ketaksaan merujuk pada suatu kalimat atau kata yang memiliki arti lebih dari satu.


11. Ludira
Artinya darah. Biasanya dipakai untuk perumpamaan dalam wattpad atau puisi. Kata ini merupakan Bahasa Sanksekerta, jadi belum ada di KBBI ya.

12. Harsa
Artinya kebahagiaan. Kata ini jarang digunakan, padahal mempunyai makna yang indah. Kalian bisa menggunakan kata ini untuk puisi atau cerita wattpad kalian.

13. Nestapa
Kalau Harsa artinya kebahagiaan, Nestapa kebalikannya atau antonimnya. Nestapa artinya kesedihan, atau kesusahan.

14. Baskara
Artinya matahari, diksi ini bisa dipakai untuk referensi nama tokoh kalian loh. Karena artinya sebagai matahari, penerang bumi.

Sumber : https://m.bernas.id/48152-anda-suka-menulis-puisi-dengan-diksi-yang-itu-itu-saja-variasikan-dengan-kata-kata-yang-jarang-digunakan-berikut.html.

KATA DIKSIजहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें