Teknik Mencari Ide

4K 474 133
                                    

Banyak banget yang inbox saya di media sosial mana pun dengan mengatakan "Kak, aku punya ide untuk nulis gini dan gini

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

Banyak banget yang inbox saya di media sosial mana pun dengan mengatakan "Kak, aku punya ide untuk nulis gini dan gini. Kira-kira gimana?"

Jawaban saya mesti: "Tulis saja."

Lah iya. Kalau dapat ide tuh langsung tulis aja, nggak usah banyak pikiran lagi. Kalau bingung mau nulis apaan, ya tulis aja yang ada di kepala. Misalnya:

Aku punya ide menulis tentang anak cewek yang terjebak sebuah grup mafia. Nama grupnya "Cucok Meyong". Anak cewek ini cantik dan punya prestasi gemilang di sekolah. Sayangnya, sejak gabung dengan grup mafia ini, si Cewek nilainya anjlok karena disuruh nyuci bajunya tim mafia.

Misalkan ide kalian cuma sampai sini aja. Ya udah. Berhenti aja. Yang penting kalian sudah menuangkan ide ini. Kalau ternyata kalian masih pengin manjangin ide, panjangin sampai seberapa kalian kuatnya. Begitu mentok, tinggalin lagi.

Gini, nulis itu ibarat jalan kaki. Nah, mentok itu ibarat kata kita ketemu hambatan entah itu tembok atau kendaraan lain. Kalau kita tungguin terus ya bakalan stres. Tinggalin aja. Cari kesibukan lain. Nggak usah dipikirin lagi. Toh kalian belum punya tanggung jawab perjanjian penerbitan, kan? Jadi, nulisnya for fun aja.

Ide itu berharga banget, Bees. Kalau di otak kota selintas ada ide kalimat atau adegan atau apa saja, langsung tuliskan. Jangan nunggu nanti. Kita bisa pakai HP atau notes untuk menuliskan ide dadakan itu. Biasanya, kalau nggak sempat ngetik, saya pakai voice note di WA. Saya kirim voice note ke nomor Odey. Belakangan dikasih tahu teman untuk bikin chanel telegram biar bisa nyimpen data di situ. Jadi, kalau pas HP nya nggak bisa dibuka, bisa dibuka lewat laptop. Ide yang brilian yaaa... ♡♡♡

Intinyaaaa... ide itu sebuah hal yang berharga bagi penulis. Ada banyak penulis yang mentok dan mandeg karena nggak ada ide. Jadi, buat kalian yang merasa punya ide banyak, segera abadikan ide itu. Perkara kapan eksekusinya, gampang... setelah ide itu abadi, kalian bakal merasa punya kewajiban untuk mengeksekusinya kok. Hehehe...

Apa saja yang harus dilakukan biar ide selalu banyak?

1. Baca baca dan baca

Semakin banyak kalian baca, maka akan semakin luas pengetahuan kalian, semakin banyak informasi yang masuk, dan semakin kaya deh tulisan kalian

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

Semakin banyak kalian baca, maka akan semakin luas pengetahuan kalian, semakin banyak informasi yang masuk, dan semakin kaya deh tulisan kalian.

Otak kita tuh seperti komputer, Bees. Di dalam otak kita menyimpan banyak sekali memori dari apa pun yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan. Kalau kita nggaknpernah baca atau memilih-milih bacaan, nggak banyak dong yang masuk ke otak kita. Akhirnya, informasi yang bisa kita berikan di dalam tulisan kita juga itu-itu aja.  Tapi, kalau kita punya banyak sekali informasi dan pikiran kita terbuka, kita bisa memilih mau mengeluarkan informasi yang mana nih.

HOW TO BE BESTSELLER AUTHOR (On Going)Donde viven las historias. Descúbrelo ahora