Hanya Sedikit Cerita

2.8K 103 6
                                    

Aku memiliki beberapa masalah yang cukup berat akhir-akhir ini. Aku tidak ingin  mengeluh, aku yakin aku kuat menghadapi semuanya. Tapi semakin lama aku merasa bahwa aku memang harus sedikit mengeluh, tidak apa-apa kan?

Aku tidak tau mau bagaimana caraku mengeluh. Permasalahan terbesar adalah dibandingkan, aku sudah pernah menulis soal ini sebelumnya di bagian awal. Hidupku penuh dengan perbandingan sejak aku kecil.

Aku terima segala bagian buruk yang selalu tertuju kepadaku, aku menerimanya, aku ikhlas. Tapi aku tidak pernah lelah untuk berbuat baik kepada orang itu, walaupun aku tau sebaik apapun aku jika dia sudah membenci, apapun yang aku lakukan akan terasa buruk dimatanya.

Lalu aku harus bagaimana?

Kontrol diri itu perlu, jangan terlalu dibawa emosi. Biarkan saja dia selalu melihat sisi burukmu. Yang terpenting adalah bagaimana kamu membuktikan bahwa kamu tidak seperti itu. Patahkan segala statement buruknya tentangmu. Pelajaran yang harus dia terima adalah penyesalan. Dia harus menyesal telah memperlakukanmu seperti itu.

Bagaimana dengan orang-orang yang percaya dengan statement buruk yang dia sebar tentangku?

Aku tidak masalah, mau percaya atau tidak. Tapi akan kupastikan juga bahwa secepatnya mereka akan tau mana yang bisa dipercaya dan mana yang hanya menebar kebencian.

Hidup itu simple bukan? Kalau kamu berada diposisi yang sama denganku, apa yang akan kamu lakukan?

Tia Dewi Cahyani
4 November 2019

DIARY MOTIVASIWhere stories live. Discover now