2019

3.6K 203 57
                                    

Holla!

Apa kabar, kakak-kakak, adik-adik, om, tante, kakek, nenek? 😂
Ophin harap kalian selalu baik-baik aja.

Besok udah hari terakhir di tahun 2019 nih. Nggak nyangka, ya? Waktu berasa cepet banget. Nggak waktu aja yang berasa cepet, generasi satu juga nggak berasa udah mau tinggal 2 orang aja. Padahal kayak baru kemarin generasi satu masih lengkap hehehe.
Masih adakah yang baca cerita JKT48? Atau udah berpaling ke cerita cinta kpop? 😁
Kayaknya sekarang lagi demam kpop nih, yang awalnya nggak suka, jadi suka. Padahal kpop udah dari lama. Cuma baru booming banget ya, di tahun 2017.

Apa pun yang kalian suka, Ophin harap kalian nggak pernah berkomentar jahat sama orang lain atau fandom lain. Jaga tutur kata kalian yang diajarin sama orang tua kalian. Kalo nggak sama orang tua kalian, ya sama agama kalian masing-masing. Nggak ada agama yang mengajarkan kita untuk saling membenci apa pun itu keadaannya. Jangan jadi provokator atau jadi kang pancing, ngerti kan, maksud Ophin?

Kita hidup di dunia itu dengan banyak macam sifat, sikap, dan otak. Kalo kita merasa bahwa kita udah dewasa, lebih baik mengalah atau menghindar dari masalah. Bukan bermaksud untuk mengajak kalian lari dari masalah dan nggak bertanggungjawab, tapi kalo ada masalah yang AKAN muncul, lebih baik hindari dan mengalah. Kalo diterusin, justru timbul masalah-masalah baru yang kadang jauh lebih besar.

Kalo merasa masalah itu sepele, mengalah aja. Nggak usah adu bacot, nggak usah berusaha membela diri. Semakin kita membela diri, orang akan berpikir kalo kita benar-benar salah.

Kenapa Ophin bahas ini?

Beberapa minggu belakangan ini, entah itu dari dunia JKT48 atau dunia KPop, sering terjadi senggol menyenggol alias tubir.
Katanya dari dunia jeketinya, ada yang tubir perihal team T atau apalah itu karena Ophin nggak ikutin dan nggak mau tau. Buat Ophin, apa yang udah disampaikan oleh pihak manajemen, itu yang terbaik.

Mereka yang ada di lokasi, mereka yang tau apa yang terbaik untuk jeketi, mereka yang merasakan semuanya di balik layar. Kita sebagai fans cukup mendukung. Boleh kalo mau memberikan saran atau pun kritik, tapi ingat, gunakan kalimat yang baik biar kita nggak melukai perasaan orang lain.

Karena tanpa kalian sadari, kata-kata yang kalian ucapkan selama ini, kadang sering melukai perasaan orang lain. Bukan karena orang lain itu baperan atau gimana, semua orang itu kan, beda-beda. Ada yang masa bodoh, ada yang pemikir. Kasian kan, kalo orang itu tipenya, tipe pemikir. Bisa-bisa dia stress karena ucapan kalian. Ya, meskipun yang kalian ucapkan itu maksudnya bercanda. Jadi, kalo mau bicara, disaring dulu, ya? 😊

Kadang kalimat-kalimat yang kurang baik itulah yang menimbulkan perpecahan, menimbulkan tubir, menimbulkan adu bacot di sosmed dan menimbulkan kebencian satu sama lain.

Sama kayak jeketi. JKT48 itu kan, idolnya nggak cuma satu. Orang-orang juga sukanya beda-beda. Ada yang oshiin Beby, ada yang oshiin ci Shani, ada yang oshiin kalala dan sebagainya. Beda-beda, kan? Tapi yang harus kalian inget, kalian sebutannya tetep fansjkt48 meskipun kalian sukanya sama satu orang. Jadi nggak perlu saling membenci satu sama lain.
Karena yang harus kalian ingat, saat kalian membenci satu sama lain, ada orang-orang yang justru jauh membenci kalian karena kalian fansjkt48. Bener, kan?

Kalo ada orang yang nggak suka jeketi, terus tanya ke kalian, "Eh, lo fans jeketi, ya?" Terus kalian bilang, "Iya."

Rata-rata jawaban mereka yang nggak suka sama jeketi adalah....

"Alay lo suka sama jeketi."

Terus kalo yang perempuannya pasti dibilangin gini, "Lesbi lo suka sama jeketi?"

Ini rata-rata jawaban yang selama ini Ophin baca dari curhatan banyak orang yang curhat sama Ophin. Jadi, buat apa satu fandom benci sama fandom lainnya sementara kita yang suka sama satu idol grup aja sama-sama dibenci sama orang-orang yang nggak suka sama idol grup tersebut.

Sama juga dengan KPop. Kita suka sama satu grup idol kpop, inget ya, satu! Tapi ketika kita ketemu sama orang yang bukan kpopers, yang bukan fans idol yang kita sukai, mereka bakalan tetep cap kita itu sebagai "kpopers alay". Jadi, kalo kita mau membenci orang lain, entah itu siapa pun, kita harus inget. Buat apa saling membenci sementara di luar sana masih ada yang jauh lebih membenci kita para kpopers dan fans jeketi. Dan harus kita ingat lagi, kalo benci bisa jadi cinta. Itu udah sering terjadi dan akan selalu terjadi jika kita membenci sesuatu.

Toh, kalo kalian saling membenci, nggak bisa bikin kalian jadi kaya, kan? Nggak ada gunanya saling membenci. Saling komen "bacot". Atau saling membela idol masing-masing. Kalian saling membenci juga nggak bikin kalian jadi terkenal kayak Chris Brown, kayak Celine Dion, kayak Tom Hardy, kayak Christian Bale, kayak Chris Evans, kayak Ronaldo. Bener, kan? Jadi buat apa saling tubir, saling adu bacot? Justru nambah dosa masing-masing. Iya kalo kalian umur panjang. Kalian masih bisa nebus dosa kalian. Hidup nggak ada yang tau, guys! 😉

So, Ophin harap, di tahun 2020, hate comment, tubir, war antar fandom, dan sebagainya, berkurang. Kenapa berkurang? Karena nggak mungkin, nggak ada oknum yang jail, yang buat itu semua akan terjadi lagi. Kita harus jadi fans yang pinter. Yang bisa membaca situasi. Kalo ada sesuatu yang kurang baik atau ada komentar yang mancing ribut, nggak usah ditanggapi. Biarin aja mereka koar-koar sesuka hatinya. Karena percuma kalo kita menghadapi orang-orang seperti itu. Kalo kita ladenin, berarti kita nggak jauh beda sama dia. Oke?

Tahun 2020, tahun terakhir Beby jadi member JKT48. Ophin bakalan tetep nulis-nulis meski mungkin nggak kayak dulu yang selalu bisa cepet update. Ophin bukan robot, guys! 😂

Yuk! Kita tebarkan hal positif ke semua orang. Kita jadi pengingat untuk orang lain. Kalo orang lain itu justru marah ketika kita ingatkan, gapapa. Setidaknya kita udah berusaha mengingatkan dia. Kalo dikatain sok suci, bales aja, "Iya-iya, yang penuh dosa mah, bebaaaas." 😂

Selamat menyambut tahun baru!
Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan yang melimpah dalam kehidupan kita masing-masing.

SAYANG SEMUANYAAAAA!!!! 😘😘❤❤

NOTE: Untuk next tulis menulis, akan dilanjutkan tahun 2020.

사랑해 ❤😘

JKT48 CHAT LINEWhere stories live. Discover now