JANGKAR BERITA vs DOKTER MILITER

83 14 46
                                    

Setelah kemarin bahas salah satu daerah di Indonesia lengkap dengan pariwisatanya yang membuat kita jadi ingin berwisata ke sana. Lalu kejadian alam yang pernah menimpa daerah tersebut sampai keadaan psikologis yang bisa menimpa para korban bencana. Sekarang aku mau bahas beberapa jenis profesi.

Masih berhubungan juga sih dengan bencana alam. Ada dua profesi yang ingin ku bahas di sini. Karena rencananya fiksiku akan menggunakan ke dua profesi ini untuk tokoh utamanya. Ketika bencana alam terjadi pasti akan ada orang yang menyampaikan juga meliput beritanya untuk memberitahukan kepada semua orang di seluruh negeri. Ada pula orang yang turun langsung membantu para korban bencana dan berkutat dengan dunia medis dan kesehatan.

Kira-kira profesi apa sih?

Ya, di daerah bencana pasti banyak diturunkan koresponden yang akan meliput berita. Televisi dan radio akan menyampaikan berita bencana tersebut secara terus-menerus. Juga seorang dokter untuk merawat luka para korban. Tapi di sini bukan hanya sekedar dokter tapi dokter militer. Iya, seorang dokter tapi juga seorang anggota tentara.

Aku bahas satu-satu ya.

Sekarang aku ingin jelaskan tentang si Jangkar Berita atau News Anchor dulu.

Siapa sih Jangkar berita itu?

Siapa sih Jangkar berita itu?

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

JANGKAR BERITA (NEWS ANCHOR) adalah seorang jurnalis televisi atau radio yang membawakan materi berita dan ikut terlibat dalam penulisan/pembuatan berita tersebut

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

JANGKAR BERITA (NEWS ANCHOR) adalah seorang jurnalis televisi atau radio yang membawakan materi berita dan ikut terlibat dalam penulisan/pembuatan berita tersebut. Termasuk meliput langsung dari lokasi, mewawancara narasumber sampai proses pembuatan berita dan membacakannya di televisi atau radio. Bahkan mereka juga bisa memberikan improvisasi komentar saat siarang langsung.

News anchor berbeda dari presenter berita. Kalau presenter berita hanya duduk dan membacakan naskah berita yang sebelumnya sudah ditulis, sedangkan News anchor tahu bagaimana berita itu diproduksi dari awal hingga akhir.

Untuk menjadi seorang news anchor, mereka wajib terjun di lapangan sebagai reporter, mengenal banyak narasumber dan terlibat dalam peliputan berita. Dengan begitu mereka bisa lebih matang dalam proses pembuatan sebuah berita hingga proses penyampaian informasi berita tersebut. Kalau sudah terbiasa di lapangan, mereka akan lebih mudah menggali informasi yang akan diolah menjadi berita sehingga mereka tidak akan kehabisan bahan pertanyaan jika sedang siaran langsung.

The Writer's JourneyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang