Pelanggaran Hak Cipta

3.4K 202 35
                                    

Apa itu hak cipta? Hak cipta adalah hukum yang melindungi konten suatu karya. Hak cipta tidak melindungi suatu ide atau konsep, itulah sebabnya kita mungkin sering kali mendapati dua karya memiliki alur cerita (plot) atau tema yang serupa, tetapi tidak melanggar hak cipta. Di Wattpad, hak cipta hanya akan melindungi teks yang sama persis dengan karya orisinal dan salinan resminya.

Walau begitu ungkapan atau output dari suatu ide adalah hal yang dilindungi, peristiwa unik tertentu dan dialog dapat dijadikan sebagai indikasi yang jelas atas pelanggaran hak cipta. Melakukan sedikit pengubahan, seperti mengganti nama atau latar tempat suatu karya—apa pun alasannya—akan dianggap sebagai bentuk pelanggaran hak cipta.

Buku-buku kutipan (quote books) diperbolehkan, begitu juga dengan menggunakan atau menambahkan lirik lagu tertentu, asal kamu tidak mengaku-ngaku sebagai penciptanya.

Akan tetapi, sangat perlu diketahui menuliskan kredit tidak membuatmu terbebas begitu saja dari hak cipta. Melakukan pelanggaran hak cipta, tetapi kemudian menuliskan penjelasan "no copyright intended" atau "I'm just sharing it with those who can't afford it" tidak akan menyelamatkanmu dari apa pun, kecuali karya tersebut ada di ranah domain publik.

Hanya karena kamu tidak memahami suatu hukum yang kamu langgar, bukan berarti kamu tidak melanggarnya.

Satu hal yang sangat perlu kalian semua ketahui adalah Ambassadors Indonesia tidak dapat menangani permintaan bantuan dari pengguna individual untuk mengejar seseorang yang mencuri karyamu di platform ini.

Untuk kasus semacam itu, silakan isi dan kirim formulir DMCA Take-down Notice.

Sangat perlu dicatat, hanya penulis asli dan/atau perwakilan hukum resmi mereka yang dapat meminta penghapusan konten yang disalin dari Wattpad dengan mengisi formulir itu.

Kesimpulannya? Meminta bantuan para Ambassadors untuk diarahkan perihal pengisian formulir DMCA sangat dianjurkan, tetapi mengumpulkan massa/pasukan/pembaca setiamu untuk membuat 'laporan' lalu menghubungi salah satu anggota dari Ambassadors Indonesia secara personal untuk tujuan lain, percayalah, tidak akan pernah membuat masalahmu terpecahkan. Itu sangat percuma.

Jadi, silakan ikuti prosedurnya dan bersikaplah proaktif selama staf Wattpad HQ berusaha menyelesaikan kasusmu karena hanya itu satu-satunya kunci. Untuk informasi lebih lanjut tentang panduan mengisi formulir DMCA akan kami jelaskan secara terperinci di bab selanjutnya.

Ada pertanyaan? Silakan ajukan pertanyaanmu di kolom komentar, ya!

Salam,

Wattpad Ambassadors Indonesia

WattpediaWhere stories live. Discover now