T7. Halooo halooo Bandung!

105 26 54
                                    

BANDUNG

(Foto : instagram @asep

Oups ! Cette image n'est pas conforme à nos directives de contenu. Afin de continuer la publication, veuillez la retirer ou télécharger une autre image.

(Foto : instagram @asep.hr)

Siapa sih yang tidak suka dengan kota tempat tinggalnya Dilan, ini?

Kalau Yogyakarta kota pencipta rindu, maka Bandung adalah kota penyimpan kenangan.

Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jabodetabek dan Gerbangkertosusila.

Secara geografis, kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya terlihat seperti sebuah mangkok raksasa.

Kota ini terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat, serta berada pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut. Titik tertinggi Bandung berada di sebelah utara dengan ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan sebelah selatan merupakan kawasan rendah dengan ketinggian 675 meter di atas permukaan laut.

Sementara iklim kota Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk. Bandung memiliki suhu rata-rata 23.5 °C. Curah hujan rata-rata 200.4 mm dan jumlah hari hujan rata-rata 21.3 hari per bulan.

Meskipun dalam beberapa tahun terakhir polusi mulai mengikis kesejukan yang melekat erat dengan Bandung, kota ini tetap menjadi salah satu kota favorit untuk resfreshing banyak orang saat liburan.

Bandung punya daya tarik tersendiri. Kedamaian, kesejukan, dan keindahan sudah tergambar di benak banyak orang ketika mendengar nama kota itu disebut.

Kota ini memiliki semboyan Bermartabat (Bersih, Makmur, Taat, dan Bersahabat). Atau semboyan dalam bahasa sundanya sering kita sebut Gemah Ripah Wibawa Mukti (Tenteram, Makmur, Berlimpah, Menyenangkan).

Kota yang dikenal sebagai Kota Kembang ini terkenal sebagai kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Barat. Berkat keindahan dan lingkungan yang asri, dataran yang ditumbuhi banyak pohon dan bunga-bunga, maka memang sudah sepantasnya kota kembang menjadi julukan yang akan terus melekat dengan Bandung.

Selain julukan Kota Kembang, Bandung dahulunya juga sering disebut dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini. Dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner.

Selain hal-hal yang disebutkan, Bandung terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang indah dan menenangkan. Seperti yang kita tahu, Bandung masih menjadi kota tujuan utama untuk berwisata saat musim liburan tiba. Tak hanya musim libur panjang, bahkan akhir pekan pun bisa jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi dan menikmati keindahan kota ini.

Pemerintah kota Bandung kini tengah mengembangkan kawasan-kawasan wisata alam di tengah kota berupa taman-taman yang indah, unik dan tematik. Salah satu taman terbaru dan menawarkan sesuatu yang berbeda dengan taman di kota Bandung lainnya adalah Taman Asia Afrika Bandung. Taman ini terletak di kawasan lahan Kiara Artha Park di Kiaracondong.

Before I Start Cooking a StoryOù les histoires vivent. Découvrez maintenant