🔍Mengenal Depresi dan Gangguan Bipolar Lebih Dekat🔍

30 3 2
                                    

🔍Depression and Bipolar Disorder🔍

🔍Depression🔍

Sumber gambar: https://doktersehat

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

Sumber gambar: https://doktersehat.com/penyebab-gejala-dan-pengobatan-depresi/amp/

Depresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, rasa tidak peduli hingga mengganggu kesehatan mental seseorang. Semua orang pasti pernah merasa sedih atau murung sesekali, hal tersebut normal. Namun, seseorang dinyatakan mengalami depresi jika sudah dua minggu merasa sedih, putus harapan, atau tidak berharga. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul adalah perasaan bersalah, mudah tersinggung, atau mudah marah. Selain itu, individu yang mengalami depresi dapat juga merasa malu atau gelisah.

Seseorang yang depresi biasanya disebabkan oleh peristiwa-peristiwa hidup seperti kehilangan orang tercinta. Depresi juga bisa berasal dari gejala penyakit fisik, efek samping penggunaan obat dan perawatan medis tertentu. Dalam kaitannya dengan gangguan mental lain, depresi juga bisa menjadi gejala dari gangguan kejiwaan seperti Gangguan depresi mayor dan distimia.

Selain perubahan suasana hati, individu dengan gejala depresi cenderung kehilangan minat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya ia anggap menyenangkan; kehilangan napsu makan atau sebaliknya, makan dengan porsi berlebih. Penderita juga akan kesulitan untuk berkonsentrasi, mengingat detail-detail umum, membuat keputusan, ataupun mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain. Pengalaman-pengalaman ini bisa mendorong individu untuk mencoba bunuh diri.

Depresi lebih banyak terjadi pada wanita, sebab wanita memiliki sifat lebih perasa dan lebih sering mengalami perubahan hormon, misalnya saat menstruasi atau hamil. Namun, pria pun bisa mengalami depresi, misalnya baby blues pada ayah.

Gejala Insomnia, Hipersomnia, kelelahan, kesakitan, gangguan pencernaan, dan stamina yang menurun juga kerap ditemukan pada individu dalam kondisi depresi.

Kasus depresi bisa berkembang lebih buruk jika tidak ditangani dengan tepat. Penanganannya sendiri membutuhkan waktu yang lama dengan obat-obatan dan psikoterapi.

🔍 Gejala Depresi
Ada ciri-ciri psikologi dan fisik yang menunjukkan seseorang terkena depresi.

Ciri-ciri psikologi seseorang yang mengalami depresi adalah:
1. Mengalami kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan.
2. Tidak stabil secara emosional.
3. Merasa putus asa atau frustrasi.

Ciri-ciri fisik dari seseorang mengalami depresi adalah:
1. Selalu merasa lelah dan tak bertenaga.
2. Mengalami pusing dan rasa nyeri tanpa penyebab yang jelas.
3. Menurunnya selera makan.

🔍 Penyebab Depresi
Depresi lebih sering dialami oleh orang dewasa, dan penyebabnya diduga berhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan zat kimia di otak.

Penyebab suatu kondisi depresi meliputi:
1. Faktor organobiologis karena ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin.
2. Faktor psikologis karena tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial.
3. Faktor sosio-lingkungan misalnya karena kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya.

Risalah Pejuang (COMPLETE)Donde viven las historias. Descúbrelo ahora