Doa Tolak Bala / Musibah

331 10 0
                                    

Musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja bahkan secara tidak terduga. Musibah yang datang menimpa bisa membahayakan kita maupun orang lain yang berada di sekitar kita.

Musibah bisa muncul dikarenakan ada sebab maupun tanpa penyebab. Musibah juga bisa timbul dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, tsunami, puting beliung, angin kencang, petir dan sebagainya.

Kita harus selalu waspada agar kapanpun musibah itu datang, kita sudah siap mengantisipasinya. Sebagai muslim kita juga harus selalu berikhtiar dan bertawakal kepada Allah SWT dengan berdoa.

Doa untuk menghindari musibah, marabahaya, bencana, malapetaka, mimpi buruk, disebut dengan doa menolak bala. Tentu kita sudah mengenal jauh apa itu penjelasan dan pengertian doa tolak bencana.

Bacaan Doa Tolak Bala

Di sini ada beberapa teks lafadz bacaan doa tolak bala ada yang singkat, ringkas atau pendek dan ada pula yang panjang dan lengkap. Tentu seluruh doa menolak bala ini sesuai sunnah dan berdasar hadits shahih.

Berikut adalah beberapa doa yang bisa diucapkan untuk meminta tolong kepada Allah SWT agar dijauhkan dari marabahaya, dihindarkan dari bencana, diselamatkan dari musibah dan semacamnya.

1. Doa Tolak Bala Ringkas

Sebelum membaca doa ini, sangat dianjurkan untuk mengucap bacaan surat Al-Fatihah terlebih dahulu karena pada salah satu kalimat di dalam doa ini menyinggung soal surat pertama dalam Al-Quran tersebut.

Berikut adalah lafadz teks bacaan doa tolak bala yang ringkas berdasar dalil shahih dan hadits shahih dalam bahasa Arab dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ.

Artinya :
“Ya Allah, dengan hakikat dan rahasia Al-Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, waha Tuhan yang kepada hamba-Nya mengampuni dan menyayangi, wahai penolak bala ya Allah wahai pengasih, wahai penolak bala ya Allah wahai penyayang,” – (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar).

2. Doa Tolak Bala Singkat

Selain doa di atas, ada pula doa tolak bala yang cukup singkat dan pendek. Doa ini sebenarnya merupakan doa lanjutan dari doa tolak bala sebelumnya, namun menurut para ulama kedua doa tersebut bisa dibaca secara terpisah.

Inti dan maknda dari doa ini tidak hanya untuk menolak segala macam bencana, melainkan juga berdoa memohon kepada-Nya agar memberi sholawat kepada Rasulullah SAW.

Berikut adalah doa tolak bala agar terhindar dari bencana, terlepas dari marabahaya, dihilangkan segala rasa khawatir dan kecemasan atas bencana yang muncul.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Artinya :
Semoga Allah memberikan shalawat untuk Sayyidina Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan. Salam Allah untuk para rasul-Nya. Segala puji bagi Allah tuha semesta alam,”

3. Doa Tolak Bala Sesuai Sunnah

Ada pula doa yang disebut dengan doa selamat melawan tolak bala yang diucapkan untuk mohon keselamatan dari segala bencana, cobaan dan ujian yang ada di dunia.

Doa ini juga memiliki keutamaan dan faedah yakni menolak segala macam siksa kubur dan neraka apabila nanti telah meninggal dunia. Berikut adalah lafadz bacaan doanya.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya :
“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

4. Doa Tolak Bala Dalam Qunut

Terakhir ada bacaan doa tolak bala dalam qunut yang biasa dibaca masyarakat muslim ketika qunut saat ada suatu negara yang terkena musibah atau bencana alam.

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya :
Ya Tuhan , hindarkanlaha dari kami kekurangan pangan cobaan hidup penyakit-penyakit wabah , perbuatan-perbuatan keji dan munkar , ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian , yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya , alasannya ialah sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu ialah kuasa.”

🌼🌼🌼

Bacaan Dalam Shalat, Wiridan, Doa-doa Setelah Shalat & Doa Pilihan ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang