6|Lidah Mertua

8 2 9
                                    

Assalamu'alaikum..

Mentemen, apa kabar? Apa cerita? Semoga semua baik ya..
Ohya, ada yang tau enggak Lidah Mertua? Ini bukan tentang lidah yang tak bertulang loh, tapi tentang tumbuhan yang bisa jadi teman penghias kamar. Kenapa? Soalnya dia baik banget. Kok bisa? Iya bisa, banyak manfaatnya loh.. Yukk kita bahas lebih rinci.

Lidah mertua merupakan tumbuhan yang memiliki nama latin Sansevieria. Selain dikenal dengan nama lidah mertua, tumbuhan ini juga banyak disebut dengan tusuk gigi gajah dan snake plant atau tanaman ular. Wahhh.. Banyak juga ya sebutannya.

Bila dilihat, tumbuhan lidah mertua memiliki daun yang panjang, runting dan bercorak seperti sisik ular. Tumbuhan ini memiliki daun yang tebal dan keras. Ia juga dapat beradaptasi dan mudah berkembang dalam berbagai kondisi. Bahkan perawatannya juga sangat minim.

Tumbuhan lidah mertua tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Ia juga dapat hidup dengan sedikit cahaya matahari.


Nah, berikut ini 3 alasan mengapa tanaman ini perlu ada di rumah Anda.

3 Manfaat tanaman lidah mertua yang perlu Anda ketahui

1. Menghasilkan oksigen

Tumbuhan lidah mertua dapat menghasilan oksigen untuk membuat kualitas udara yang lebih baik di dalam maupun di luar rumah.

Menurut sebuah penelitian dari Harvard University Extension, lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen.

Hal ini dikarenakan lidah mertua mengubah banyak karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. Dengan begitu, udara terasa lebih segar saat pagi hari.

Iklan

2. Tanaman lidah mertua bisa melenyapkan polusi

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap jumlah karbon monoksida dan karbon dioksida yang berlebihan.

Penelitian dari NASA mengatakan kalau tumbuhan lidah mertua dapat menyerap racun di udara seperti benzene, xylene, triclorethylene dan formaldehyde. Zat ini sangat berbahaya bila terhirup oleh tubuh karena dapat menyebabkan kanker.

Studi lainnya dari Naresuan University, Thailand, menemukan kadar karbon dioksida di ruang kantor dapat berkurang dengan menanam lima lidah mertua sepanjang 10-80 cm.

3. Melawan alergi dan sick building syndrome (SBS)

Karena lidah mertua dapat menyerap racun dan melepas oksigen, ia juga dapat megurangi alergen atau hal-hal yang bisa menyebabkan alergi. Misalnya pada orang dengan alergi udara.

Sedangkan, sick bulding syndrome (SBS) ialah kondisi yang terjadi pada seseorang saat memasuki situasi tertentu. Biasanya gejala ini berupa iritasi, batuk, gatal, kepala pusing, sesak dada, mual dan nyeri otot. Diketahui, tumbuhan lidah mertua bisa mengatasi sindrom ini.

Tipe tanaman lidah mertua

Dedaunan tanaman

ar paling umum muncul sebagai daun hijau ramping dengan garis-garis horizontal berwarna abu-abu atau kekuningan. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi beberapa kaki, dan tumbuh dengan baik di daerah yang kurang cahaya.

Ada berbagai macam tanaman ini. Beberapa yang lebih umum termasuk:

Bird's nest snake plant: Juga disebut sebagai Hahnii, tanaman ini relatif kecil, hanya tumbuh setinggi 6 inci. Daunnya membentuk kelompok yang sangat mirip cangkir, mirip dengan sarang burung.

Tanaman adalah suatu makhluk hidup yang memiliki banyak manfaat bagi manusia karena kebanyakan tanaman itu mengandung oksigen yang baik untuk kesehatan kita semua. Jika tak ada tanaman, lingkungan menjadi kering dan juga gersang serta tidak sehat.

Seperti halnya tanaman yang satu ini, yang diberi nama tanaman lidah mertua.

Tentang Tanaman Lidah Mertua

Ya, tanaman ini sering kita temukan di dalam rumah tepatnya kebanyakan di ruang tamu atau ruang santai.

Alasan kenapa tanaman ini bisa bertahan hidup di dalam rumah karena memang lidah mertua ini tidak banyak membutuhkan air, dan juga untuk kebutuhan cahaya matahari juga sedikit, sehingga memudahkan tanaman ini untuk di tanam di dalam rumah.

Selain menjadi tanaman hias, juga memberi kesan bahwa ruangan yang ada di rumah kita itu terlihat lebih asri dan juga sejuk bila dilihat.

Untuk harga tanaman lidah mertua ini sebenarnya murah dan juga sangat bervariasi tergantung dari orang yang jual sudah bentuk tanaman atau bahkan hanya bibit saja. Banyak orang yang menjual dengan harga yang cukup murah di berbagai website jual-beli online. Mungkin jika Anda malas ke tempat penjualan tanaman, membeli secara online juga menjadi alternatif terbaik.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Meski harga tanaman lidah mertua tidaklah mahal, tapi manfaatnya cukup penting bagi manusia.

Tanaman ini ternyata bisa menghisap udara kotor yang ada di sekitar tanaman tersebut.

Jadi, jika musim kemarau, rumah kadang gampang kotor dan mulai berdebu. Jika kita memiliki tanaman sensievera ini, bisa meminimalisir adanya debu-debu yang berterbangan yang akan masuk ke rongga pernapasan kita.

Intinya, tanaman ini memang bermanfaat untuk menyerap berbagai zat beracun berbahaya bagi manusia.

Baca Juga : Harga Tanaman Cemara

Ciri-ciri Tanaman Lidah Mertua

Untuk ciri-cirinya, tanaman lidah mertua ini adalah berdaun tebal, maka dari itu tidak memerlukan banyak air. Berwarna hijau, dan bercampur dengan hijau tua, abu-abu bahkan agak sedikit kekuningan.

Memang daun tanaman ini sangat bervariasi warnanya.

Jika Anda pergi ke toko tanaman, ada banyak beragam jenis harga tanaman lidah mertua dari yang mulai mahal hingga yang paling murah. Biasanya untuk harga yang murah hanya berupa bibit saja.

Kenapa banyak orang yang mencari tanaman hias ini?

Hal itu dikarenakan tanaman sansievera adalah tanaman yang sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Cara perawatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk secukupnya, untuk kemudian dimasukkan ke dalam pot yang sudah disediakan.

Bagi Anda yang orang sibuk, dan ingin memiliki tanaman hias, mungkin tanaman ini adalah alternatif terbaik untuk Anda.

Nah, nah, banyak banget ya manfaatnya. Gimana tertarik buat nanam juga enggak?

💕💕💕

https://m.liputan6.com/hot/read/4072814/5-manfaat-meletakkan-tanaman-lidah-mertua-di-dalam-rumah

https://id.theasianparent.com/tanaman-lidah-mertua

https://tanahkaya.com/harga-tanaman-lidah-mertua/

AN AUTHOR'S DIARYWhere stories live. Discover now