awal mula alasan masuk pesantren

570 21 3
                                    

Sebelum gua masuk pesantren, gua mao cerita awal mula kenapa gua putusin pengen lanjut ke pesantren.

Gua dulu tinggal di Riau tepatnya kota Tembilahan. Dan dimana warga atau masyarakat kota ini sangat mendalami agama islam atau sering di sebut juga tempat kelahirannya beberapa ulama besar dan gua alhamdulillah masih ada darah atau silsilah darahnya ulama karna kakek gua itu orang banjar dan mungkin kalo lu ada yang tinggal di Banjar atau Kalimantan mungkin kalian tau abah guru sekumpul. Dan kakek gua ini msh ada darah sama abah guru sekumpul otomatis gua juga msh ada hubungan darah dong dengan abah guru sekumpul. Dan gua ini salah satu cucu nya yang paling bisa di bilang beda sendiri kenapa gua bisa di bilang beda sendiri karna dari kecil hidup dengan orang tua yang mempunyai karakter keras atau di didik dengan keras dan gua tidak pernah yang namanya di ajarkan untuk mengenal agama.

Oleh karna itu setiap kali gua di ajak ngaji atau sholat dengan kakek gua, gua selalu gak mao atau ngebantah omongan kakek gua karna gua tidak tau apa itu namanya sholat dan apa itu namanya mengaji. Sampe akhirnya gua di datangkan guru ngaji untuk ngajarin gua agama islam dan yang paling di tekanan dalam hal pertama saat gua belajar itu adalah sholat dan mengaji. Dan waktu pernah kali gua belajar sholat yang gua kenakan itu adalah mukena bukan sarung dan baju muslim karna gua waktu itu berpikiran kalo cewe sama cowo itu sama kalo sholat make mukena karna yang selalu gua liat sholat itu ibu gua dan gua gak pernah ngeliat yang namanya bapak gua sholat. Jadi gua beranggapan bahwa kalo sholat itu make mukena.

Waktu gua kelas 6 SD gua pernah di suruh untuk baca al qur'an secara bergantian oleh guru agama gua jadi kaya secara estafet secara nyambung terus menerus sampai semua kebagian baca al qur'an. Dan sampai di giliran gua, gua diam sediam-diamnya karna gua msh baru belajar dan msh blm mengerti huruf al qur'an. Dan gua di situ merasa sangat malu sama temen-temen gua karna guru gua mengejek habis-habisan gua di depan temen-temen gua. Dan itu masih sangat membekas di hati gua, dan di dalam lubuk hati gua berjanji bakal bikin itu guru minta maaf sama gua gimanapun caranya.

Sejak itu gua belajar agama serius sama guru gua dan saat ujian kelulusan di sekolah ada yang namanya ujian baca arab melayu atau yang di singkat armell mungkin temen-temen pernah denger atau tau. Dan alhamdulillah memang usaha tidak pernah menghianati hasil gua mendapat nilai ujian agama tertinggi sekota Tembilahan tingkat SD dan gua juga alhamdulillah memegang hasil ujian baca arab melayu tertinggi tingkat SD sekota Tembilahan.

karna waktu lulus-lulusan di beritahu orang-orang yang berhasil berprestasi di sekolah dan hasil ujian itu di kirim ke Dinas pendidikan kota Riau alhamdulillah nama gua di sebutin secara langsung oleh bupati Tembilahan. Jadi kalo di kota Tembilahan itu setiap lulus-lulusan dari tingkat SD, SMP, Dan SMA di kumpulkan menjadi satu, jadi setiap masing-masing sekolah di Tembilahan berkumpul menjadi satu. Dan biasanya di kumpulkan di Lapangan gajah mada yang berada persis di tengah-tengah kota Tembilahan. Dan dengan begitu bangga nya saat nama gua di panggil bupati dengan hasil ujian yang bikin teman-teman gua dan guru-guru gua terdiam sesaat.

Dan itu membuat gua terpacu untuk melanjut sekolah ke Jakarta untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Dan alhamdulillah ibu gua seorang pns yang juga mutasi pindah ke Jakarta dan secara bersamaan alhamdulillah ibu gua keterima di Dinas kesehatan provinsi DKI Jakarta bertepatan dengan ke lulusan gua.

Gua sih jujur sebenrnya gak ada niatan buat masuk ke pesantren. Gua dulu niatnya mau masuk ke mts 4 Jakarta di lenteng Agung tapi ternyata pendaftaran siswa baru di Jakarta dengan di Riau berbeda jadi ketika gua mau daftar orang-orang sudah tes untuk masuk ke mts 4 tersebut. Dan ibu gua berpikiran gak mau asal masukin gua ke sekolah atau SMP sembarangan karna ibu gua berpikiran ini Jakarta gaya pergaulan yang berbeda dengan pergaulan anak seusia gua di Riau. Akhirnya tanpa berpikir panjang gua bilang ke ibu gua kalo gua mau masuk pesantren dan dengan begitu bangganya ibu gua saat mendengar gua bilang begitu.

Oh iya gua lupa, ibu gua pindah mutasi ke Jakarta karna ikut suami nya yang kerja di salah satu perusahan taksi di Jakarta sebagai ketua umum taksi. Dan ini bokap tiri gua, bokap kandung gua udh gak tau kemana saat gua berusia 5 tahun. Oh iya dan yang mendidik gua keras itu bokap kandung gua ya bukan bokap tiri gua. Lanjut ke cerita. dengan bangganya ibu gua denger gua bilang begitu dia langsung memberi tau suaminya (bokap tiri) gua yang mana dia dulu juga alumni pesantren at-taqwa di Bekasi mungkin kalian ada yang tau. Akhirnya dia mencarikan gua pesantren dan dapat lah pesantren as syafi'iyah di jatiwaringin pondok gede yang mana pendiri pesantren gua sahabat deket sama pendiri pesantren bokap gua ini.

kehidupan di pesantren Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang