Cuap-Cuap Penulis

12.6K 432 58
                                    

Background song:
The Curse of Being in Love by Sondre Lerche


*


I genuinely don't know what to say except thank you to all of you who have read and enjoyed 'Departure'.

Maaf karena gue masih amatir banget sehingga kadang butuh waktu lama untuk bisa selesai menulis satu bab, bikin kalian jadi harus nunggu sampai kadang nggak sabar karena gue nulisnya kayak siput hahaha.. Maaf juga karena kadang masih suka ada typo di tengah-tengah narasi cerita sehingga bikin kalian nggak nyaman ketika lagi baca. Jujur, kadang ketika upload suatu bab pun nggak pake proses editing. Begitu selesai, langsung klik publish saking udah nggak sabarnya.

If I can share a thing or two about 'Departure', sebenarnya cerita ini banyak banget flaws-nya. Secara struktur, dia jauh dari sempurna. Begitu juga dengan character arc-nya. Karena struktur plot yang nggak tepat, makanya pengembangan karakternya jadi terbatas. Kalau kalian perhatiin, ada banyak momen yang bikin satu karakter jadi misunderstood dan kalian jadi marah-marah lihat reaksi suatu karakter di bab tertentu. Sebenernya, itu adalah salah satu akibat dari struktur plot yang nggak pas tadi. 

Sayangnya (dan bodohnya), gue baru menyadari kesalahan itu ketika 'Departure' udah setengah jalan. Karena udah terlanjur, so I gotta work with what I have. Maaf ya karena hasil akhirnya masih jauh dari harapan.

I think I will rewrite it, one day. Kalau beruntung ada yang mau nerbitin 'Departure' dalam versi cetak, I will surely propose the new draft to the publisher. Kalau nggak ya kita tulis ulang aja sendiri, and maybe re-publish it here on Wattpad. Who knows.

Pesan-pesan khusus buat yang selalu nanya kenapa sih dua cerita gue yang udah tamat - 'Transit' dan 'Departure' - semuanya sad ending dan kadang bahkan sampai kebawa kesel karena para tokoh utamanya nggak end up bersama, let me ask you back, my friend. What is happy ending? How do you define happiness? 

ANYWAAAYY~

We're getting too philosophical, here. I'm a law graduate, not a psychologist hahaha

I hope you enjoyed reading this story as I enjoyed writing it. Sampai ketemu di cerita selanjutnya!


xoxo,
Sarah


Ps: Yang mau update-update seru, bisa langsung follow Instagram gue di @ adiwertismenulis ya. See you there!

Departure (Completed)Where stories live. Discover now