#11

15 2 0
                                    

Sedari kecil saya tidak pernah diberikan kepercayaan. Alih-alih kebebasan, saya adalah orang yang tumbuh besar dengan aturan dan perintah. Sejak dulu, saya tidak pernah berpikiran seperti ini, namun lambat laun, semakin bertambah dewasanya saya, hal itu semakin membuat saya seperti ingin meledak.

Saya tumbuh menjadi pribadi yang sulit bergaul, bergantung pada orang lain, takut mencoba, tidak mempunyai prinsip hidup, bahkan saya juga sulit untuk bisa berempati dengan orang lain. Hingga saya berusia dewasa sekarang, kepercayaan terhadap diri saya tidak pernah ada. Menurut mereka, saya tidak bisa diandalkan, saya hanya akan gagal. Saya tidak diberikan kesempatan untuk berdiri sendiri, saya tidak diberikan hak untuk menjadi pribadi yang independen.

Saya malu dengan diri saya sendiri, dengan teman-teman saya, dengan siapa saja yang ada di sekitar saya. Lalu anehnya, mereka juga menuntut saya menjadi orang yang benar dan berguna. Saya benar-benar ingin meledak, bagaimana bisa saya menjadi serba salah seperti ini?

ka.tar.sisWhere stories live. Discover now